Manfaat Mangga, Lawan Kanker hingga Tingkatkan Libido

Kompas.com - 28/07/2020, 11:05 WIB
Mangga SHUTTERSTOCKMangga

KOMPAS.com - Buah mangga yang sering kita temui di pasaran rupanya memiliki segudang manfaat.

Itulah sebabnya, orang-orang di India menjuluki mangga sebagai "rajanya buah-buahan."

Terlebih lagi, tidak ada buah di dunia yang mampu menandingi kandungan gizi dari buah mangga ini.

Baca juga: Bolehkan Penderita Diabetes Makan Mangga?

Faktanya, secangkir mangga seberat 225 gram mengandung 105 kalori, dan 25 persen di antaranya adalah vitamin A, 76 persen vitamin C, 9 persen tembaga, 7 persen kalium, dan 9 persen serat probiotik yang sehat.

Seperti itulah kekayaan mangga sehingga jika kamu mengonsumsi paling tidak satu buah setiap hari, kamu akan mendapatkan manfaatnya, yakni mencegah sembelit, konstipasi, dan gejala usus yang kejang.

Berdasarkan penelitian yang dipublikasikan dalam Comprehensive Review on Food Science and Food Safety, ditunjukkan bahwa serat makanan yang terkandung dalam mangga memiliki efek positif dalam menghilangkan penyakit degeneratif, termasuk kanker dan kondisi jantung tertentu.

Berikut adalah beberapa manfaat mangga bagi kesehatan:

1. Melawan kanker

Buah mangga adalah kapsul antioksidan untuk khasiat seperti quercetin, isoquercitrin, astragalin, fisetin, dan asam galat.

Kombinasi ini membantu melindungi tubuh terhadap kanker, seperti usus besar, payudara, leukemia, dan prostat.

Faktanya, Investigasi Kanker Prospektif Eropa juga mengungkapkan adanya hubungan yang kuat antara makan mangga dan menurunkan risiko kanker saluran pencernaan.

2. Merawat mata

Buah mangga mengandung vitamin A. Faktanya, penelitian menunjukkan bahwa satu cangkir irisan mangga sama dengan 25 persen asupan kebutuhan harian kita akan vitamin A.

Vitamin A, di sisi lain, sangat penting untuk penglihatan yang baik karena membantu melindungi permukaan mata (kornea).

Juga, ketika dikombinasikan dengan vitamin antioksidan lain, vitamin A tampaknya memainkan peran dalam mengurangi risiko kehilangan penglihatan dari degenerasi makula (AMD).

Baca juga: Mangga Ternyata Baik untuk Kesehatan Jantung

Halaman:


Sumber pulse
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X