Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tingkatkan Konsumsi Serat untuk Turunkan Kolesterol

Kompas.com - 28/07/2020, 20:18 WIB
Lusia Kus Anna

Editor

KOMPAS.com – Seseorang dinyatakan hiperkolesterolemia atau kadar kolesterol dalam tubuh berlebih bila jumlah total mencapai lebih dari 200 miligram per desiliter. Untuk menjaga agar kolesterol tidak gampang melonjak, perbanyak asupan serat.

Ada dua jenis serat, yaitu larut dan tidak larut, walau pun hampir semua makanan sumber serat mengandung keduanya.

Serat juga bisa dibedakan menjadi “dietary” atau “fungsional”. Jenis serat dietary kita dapatkan secara alami dari makanan, misalnya buah, sayuran, serelia utuh, hingga kacang-kacangan.

Sementara serat fungsional adalah yang dibuat di laboratorium dan dibuat menjadi suplemen atau makanan yang diperkaya dengan serat.

Meski begitu, para pakar menyebut kita tidak perlu mengkhawatirkan perbedaan jenis serat itu. Yang terpenting adalah mengasup pola makan bergizi seimbang dengan memperbanyak asupan serat.

Baca juga: Beda Manfaat Serat Larut dan Tidak Larut

Menurut dr.Hilna Khairunia M.Gizi, Sp.GK, konsumsi diet tinggi serat dapat menurunkan kolesterol hingga 10 persen.

“Konsumsi serat, khususnya serat larut air (seperti psyllium, pectin, atau beta glucan) akan mengikat kolesterol yang ada di pencernaan dan mengeluarkannya bersama feses,” kata Hilna dalam siaran pers.

Konsumsi serat juga dapat membantu mengontrol berat badan, karena serat memberikan rasa kenyang dan akan difermentasi oleh bakteri pencernaan, membentuk asam lemak rantai pendek yang dapat meningkatkan pembakaran lemak serta mengurangi penyimpanan lemak.

Pola makan tinggi kalori dan lemak, misalnya pada hidangan hari raya dengan menu utama daging, dapat meningkatkan produksi racun dan menurunkan jumlah keragaman bakteri baik di pencernaan.

Baca juga: Daging Sapi, Ayam, atau Ikan, Mana yang Paling Rentan Picu Kolesterol Tinggi?

“Karena itu penting sekali mengonsumsi serat yang cukup untuk mendetoks atau membuang kotoran dan racun di pencernaan, sehingga nutrisi dapat terserap optimal,” katanya.

Mengonsumsi suplemen serat juga dapat membantu memenuhi kebutuhan harian tubuh, yaitu sekitar 25 gram untuk perempuan dan 38 gram untuk laki-laki. Sangat penting untuk mengonsumsi cukup cairan saat kita menambah asupan serat.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com