Mengapa Banyak Perempuan di Instagram Mengunggah Foto Hitam-Putih?

Kompas.com - 29/07/2020, 09:36 WIB
Presenter Najwa Shihab ikut mengunggah foto hitam-putih di Instagram dengan membubuhkn tagar #womensupportingwomen. Instagram @najwashihabPresenter Najwa Shihab ikut mengunggah foto hitam-putih di Instagram dengan membubuhkn tagar #womensupportingwomen.
|
Editor Wisnubrata

KOMPAS.com - Dalam beberapa hari terakhir, banyak perempuan pengguna Instagram memenuhi lini masa dengan foto hitam-putih mereka.

Foto-foto tersebut pada umumnya diambil dari sudut tertentu dan diikuti keterangan foto tentang "dukungan terhadap perempuan (supporting women)".

Tak hanya pesohor dunia seperti Cindy Crawford, Khloe Kardashian, Kristen Bell, Jennifer Garner, Vanessa Bryant, dan lainnya, tokoh dan selebriti dalam negeri pun mengikuti tantangan ini.

Beberapa di antaranya Najwa Shihab, Dian Sastrowardoyo, Wulan Guritno, Cinta Laura Kiehl, dan masih banyak lagi.

"Suka dengan cara sederhana untuk saling mengangkat satu sama lain. #challengeaccepted. Terima kasih karena sudah menominasiku @vanessabryant," tulis model Cindy Crawford dengan foto hitam-putih dirinya dengan latar belakang pantai.

Premis dari tantangan ini adalah bagaimana foto-foto tersebut dianggap menjadi simbol pemberdayaan perempuan. Mereka yang mengunggah foto hitam-putih tersebut kemudian akan menominasikan teman-temannya untuk mengambil peran dalam kampanye tersebut.

Banyak perempuan juga menyertakan tagar #womensupportingwomen pada keterangan foto mereka.

Aktris Dian Sastrowardoyo ikut mengunggah foto hitam-putih di Instagram dengan membubuhkn tagar #womensupportingwomen.Instagram @therealdisastr Aktris Dian Sastrowardoyo ikut mengunggah foto hitam-putih di Instagram dengan membubuhkn tagar #womensupportingwomen.
Hingga berita ini ditulis, tagar #ChallengeAccepted sudah digunakan lebih dari lima juta unggahan.

Menurut juru bicara Instagram, berdasarkan unggahan yang ada, mereka melihat bahwa kebanyakan partisipan mengunggah foto dengan pesan menguatkan dan dukungan untuk komunitas mereka.

Ini bukan kali pertama pengguna Instagram menggunakan selfie hitam-putih untuk mendukung kasus tertentu. Pada 2016, misalnya, foto hitam-putih dengan tagar #ChallengeAccepted diunggah sebagai bentuk penyebaran pesan tentang kepedulian terhadap kanker.

Halaman:


Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X