Berbagi Konten Edukasi Lewat Video Singkat Jadi Tren dan Dilombakan

Kompas.com - 29/07/2020, 13:35 WIB
Tampilan aplikasi TikTok. GETTY IMAGES via BBC INDONESIATampilan aplikasi TikTok.
|
Editor Wisnubrata

KOMPAS.com - Sejak tahun 2019, membagikan konten di video singkat telah menjadi tren baru berkat perkembangan teknologi dan meningkatnya akses di berbagai platform, seperti Facebook, Youtube, Instagram, dan TikTok.

Adanya video singkat rupanya memberi manfaat signifikan dalam kehidupan kita.

Berdasarkan riset berjudul What You Watched in a Day, terungkap dua alasan terbesar menonton video singkat, yaitu untuk mempelajari sesuatu yang baru serta menggali minat diri.

Meningkatnya tren menonton video singkat juga diakui oleh Angga Anugrah Putra, Head of User and Content Operations TikTok Indonesia.

"Generasi milenial tertarik dengan sesuatu yang baru seperti short video atau video singkat, dan durasinya yang pendek menjadi alasan mengapa mereka mau menikmati short video."

Demikian kata Angga dalam program virtual "TikTok Beri Ruang untuk Asah Bakat Bagi Generasi Muda" pada Rabu (29/7/2020).

Angga menambahkan, sejak memasuki era pandemi, TikTok menjadi platform untuk saling memberikan semangat dan berbagi.

"Jadinya mulai banyak konten edukasi, berbagi tips, cara menghitung cepat, dan lainnya. Dampak dari adanya berbagai konten edukasi ini sangat besar di TikTok," ujar dia.

"Konten edukasi tidak lepas dari student atau pelajar. Dan berdasarkan data, sebanyak 71,48 persen pelajar di Indonesia berusia 15-24 tahun menggunakan smartphone."

Baca juga: Video di TikTok, Tak Sekadar Konten Lucu dan Viral

Mereka yang membagikan video singkat di TikTok

Halaman:


Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X