4 Kesalahan yang Harus Dihindari Saat Latihan Angkat Beban

Kompas.com - 29/07/2020, 20:54 WIB
Ilustrasi olahraga angkat beban shutterstockIlustrasi olahraga angkat beban
|
Editor Wisnubrata

KOMPAS.com - Setiap orang, terlepas dari jenis kelamin atau usia, bisa memperoleh manfaat positif dari latihan angkat beban.

Berlatih angkat beban dapat memperbaiki detak jantung kita saat istirahat, menurunkan lemak tubuh, meningkatkan keseimbangan dan koordinasi motorik, serta memperbaiki stabilitas sendi.

Namun, kita sering membuat kesalahan yang dapat memicu cedera atau menunda hasil yang ingin kita raih.

Ahli fisiologi olahraga Christopher Travers, MS, menjelaskan kesalahan umum yang harus kita hindari saat melakukan latihan angkat beban.

1. Menahan napas atau salah bernapas

Menahan napas sambil melakukan aktivitas berat adalah hal yang biasa kita alami. Tetapi Travers menjelaskan menahan napas bisa berbahaya bagi kita.

"Menahan napas saat mengangkat beban dapat menyebabkan peningkatan cepat dalam tekanan darah kita," ujar Travers.

Pada beberapa kasus, peningkatan dalam tekanan darah dapat memicu hernia dan untuk kasus yang lebih parah, kita bahkan bisa kehilangan kesadaran.

Cara terbaik agar kita bisa bernapas dengan stabil selama latihan kekuatan, hembuskan napas saat kita melakukan usaha lebih, dan menarik napas ketika kita dalam kondisi istirahat.

Buang napas saat mengangkat beban, dan tarik napas jika kita sedang menurunkan beban tersebut. Teknik ini akan membantu kita mengendalikan tekanan darah dengan lebih baik.

Baca juga: Bagaimana Latihan Beban Mampu Mendongkrak Fungsi Otak?

Halaman:


Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X