Tips Turunkan Berat Badan di Atas Usia 30 Tahun

Kompas.com - 30/07/2020, 08:12 WIB
Ilustrasi tubuh, diet ShutterstockIlustrasi tubuh, diet

KOMPAS.com— Banyak orang berusia di atas 30 tahun yang menyadari bahwa di rentang usia ini mereka mudah sekali naik berat badan setelah makan sembarangan. Sebaliknya, untuk menurunkan bobot butuh perjuangan lebih keras.

Kristin Kirkpatrick, MS, R.D, manajer layanan nutrisi kesehatan di Cleveland Clinic Wellness Institute di Cleveland, Ohio mengungkapkan bahwa kebanyakan pasien yang berusaha menurunkan berat badan mengeluh, seandainya mereka bisa kembali ke usia 20-an karena lebih gampang menurunkan berat badan.

Kristin mengatakan bahwa pertanyaan itu tidak sepenuhnya salah.

Di usia 20-an, kita memiliki metabolisme alami yang lebih baik, lebih banyak otot dan umumnya lebih aktif daripada versi 40 tahun ke atas. Kita kehilangan otot dengan setiap dekade kehidupan, dimulai pada akhir usia 20-an.

Namun penurunan berat badan instan bukanlah jaminan. Banyak pasien Kristin yang berusia 20-an juga masih berjuang untuk menurunkan dan menjaga kestabilan berat badan.

Baca juga: 6 Tanda Metabolisme Tubuh Bermasalah

Bagaimanapun, dekade ketiga kehidupan, yakni saat memasuki usia 30-an, hidup mengalami banyak perubahan. Punya pekerjaan yang stabil, menikah, dan mungkin punya anak.

Perubahan seringkali dapat menyebabkan gangguan dan ditinggalkannya gaya hidup sehat.

Untuk kamu yang akan memasuki usia 30-an dan ingin berat badan turun serta bertahan seumur hidup, berikut 6 hal yang bisa dicoba:

1. Kurangi kalori cair

Usia 20-an sering kali merupakan masa percobaan, terlebih bila menyangkut minuman berkalori tinggi, termasuk alkohol.

Kini juga saatnya untuk mulai membatasi minuman kekinian yang sebenarnya mengandung kalori tinggi, misalnya es kopi susu, teh boba, hingga softdrink.

Baca juga: Bahaya Gula Berlebih di Balik Demam Boba

Halaman:


Sumber USA Today
Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X