Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Jangan Terburu-Buru, Ini Tahap Mempersiapkan Bayi Belajar Jalan

Kompas.com - 30/07/2020, 11:42 WIB
Nabilla Tashandra,
Lusia Kus Anna

Tim Redaksi

Sumber Pinkvilla

KOMPAS.com - Melihat anak kita berjalan untuk pertama kalinya adalah momen yang sangat berharga. Namun, mereka tidak begitu saja berjalan, melainkan melalui sejumlah tahapan lain terlebih dahulu.

Berjalan memang milestone anak yang sangat penting. Untuk sampai di titik ini, ia harus melalui tahapan seperti berdiri sambil berpegangan pada permukaan kursi, hingga berpindah secara hati-hati dari satu objek ke objek lainnya.

Nah, meskipun orangtua sangat bersemangat menyambutnya, jangan terlalu terburu-buru mendorong anak untuk bisa berjalan. Bersabarlah dan jadilah orangtua yang bertanggung jawab dengan melakukan sejumlah persiapan berikut.

1. Tahapan bisa berjalan ini akan terjadi ketika anak berusia 8-18 bulan. Pertama-tama, bantu mereka menguatkan langkah. Caranya, biarkan mereka berada di atas lantai untuk bereksplorasi.

Anda juga bisa meletakkan mainan agak jauh dari jangkauan mereka sehingga mereka terdorong untuk berjalan ke arahnya. Namun, ingatlah untuk tidak terlalu membuatnya terlalu sulit.

Baca juga: 5 Perlengkapan Bayi yang Bisa Dipakai Turun Temurun, Biar Hemat!

2. Mereka akan lebih halus dan percaya diri saat berjalan dalam jangka waktu satu tahun. Namun, dalam jangka waktu tersebut mereka mungkin akan mengalami banyak jatuh-bangun saat hendak berjalan. Anda tak perlu panik karena kepanikan hanya akan membuat anak takut.

3. Cobalah memberikan dukungan ketika anak berjalan, caranya dengan berdiri di belakang mereka. Letakkan tanganmu di sekitar lengan atas mereka dan letakkan mereka dalam posisi berdiri.

4. Jika bayi tidak berdiri atau berjalan antara waktu 12-18 bulan, segeralah berkonsultasi dengan dokter untuk mencari tahu permasalahannya.


Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber Pinkvilla
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com