Jangan Terburu-Buru, Ini Tahap Mempersiapkan Bayi Belajar Jalan

Kompas.com - 30/07/2020, 11:42 WIB
Ilustrasi ShutterstockIlustrasi

KOMPAS.com - Melihat anak kita berjalan untuk pertama kalinya adalah momen yang sangat berharga. Namun, mereka tidak begitu saja berjalan, melainkan melalui sejumlah tahapan lain terlebih dahulu.

Berjalan memang milestone anak yang sangat penting. Untuk sampai di titik ini, ia harus melalui tahapan seperti berdiri sambil berpegangan pada permukaan kursi, hingga berpindah secara hati-hati dari satu objek ke objek lainnya.

Nah, meskipun orangtua sangat bersemangat menyambutnya, jangan terlalu terburu-buru mendorong anak untuk bisa berjalan. Bersabarlah dan jadilah orangtua yang bertanggung jawab dengan melakukan sejumlah persiapan berikut.

1. Tahapan bisa berjalan ini akan terjadi ketika anak berusia 8-18 bulan. Pertama-tama, bantu mereka menguatkan langkah. Caranya, biarkan mereka berada di atas lantai untuk bereksplorasi.

Anda juga bisa meletakkan mainan agak jauh dari jangkauan mereka sehingga mereka terdorong untuk berjalan ke arahnya. Namun, ingatlah untuk tidak terlalu membuatnya terlalu sulit.

Baca juga: 5 Perlengkapan Bayi yang Bisa Dipakai Turun Temurun, Biar Hemat!

2. Mereka akan lebih halus dan percaya diri saat berjalan dalam jangka waktu satu tahun. Namun, dalam jangka waktu tersebut mereka mungkin akan mengalami banyak jatuh-bangun saat hendak berjalan. Anda tak perlu panik karena kepanikan hanya akan membuat anak takut.

3. Cobalah memberikan dukungan ketika anak berjalan, caranya dengan berdiri di belakang mereka. Letakkan tanganmu di sekitar lengan atas mereka dan letakkan mereka dalam posisi berdiri.

4. Jika bayi tidak berdiri atau berjalan antara waktu 12-18 bulan, segeralah berkonsultasi dengan dokter untuk mencari tahu permasalahannya.




Sumber Pinkvilla
Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X