Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kenali Manfaat Bonding Antara Ibu dan Anak serta Bagaimana Caranya

Kompas.com - 30/07/2020, 23:59 WIB
Bestari Kumala Dewi

Editor

 

KOMPAS.com - Ketika memiliki anak, salah satu hal yang harus dilakukan orangtua adalah membangun bonding atau ikatan dengan sang anak.

Sebuah studi yang dilakukan oleh University of Iowa telah menemukan, bahwa ketika anak-anak mengembangkan ikatan dekat atau bonding dengan setidaknya salah satu orangtua, mereka mengalami lebih sedikit masalah emosional dan perilaku di masa kecil.

Anak-anak ini cenderung tidak memiliki masalah perilaku seperti menjadi agresif atau mengalami masalah emosional dan perilaku lainnya ketika mereka mencapai usia sekolah, termasuk tidak taat aturan, atau berjuang dengan kesedihan atau kekhawatiran.

Baca juga: Berolahraga Pakai Stroller, Bisa Sehat Sekaligus Bonding dengan Anak

Bukan hanya baik untuk tumbuh kembang anak, ikatan yang kuat ini juga baik bagi orangtua untuk memudahkan pendekatan secara emosional

Sayangnya, tak sedikit orangtua yang masih bingung bagaimana cara membangun bonding dengan anak.

Banyak yang beranggapan, untuk mempererat ikatan antara ibu dan anak harus melalui aktivitas yang dilakukan seharian.

Padahal, momen kebersamaan atau bonding moment dapat tercipta melalui berbagai kegiatan kecil yang menyenangkan antara ibu dan anak, seperti melakukan perawatan kulit bersama.

“Ketika membicarakan bonding, seringkali kita berpikir hal tersebut dilakukan pada kegiatan menyusui dan menggendong saja,” ujar Psikolog anak, Saskhya Aulia Prima, M. Psi, Psikolog saat peluncuran Like I’m 5, brand perawatan kulit Ibu dan anak asal Korea Selatan beberapa waktu lalu.

Menurut Saskhya, faktanya emotional bonding terus dilakukan hingga anak besar dengan beragam aktivitas yang melibatkan kehangatan interaksi antar orangtua dan anak.

“Yang penting ketika berbicara emotional bonding, itu berarti pemberian rasa aman yang konsisten dan membangun rasa nyaman yang dapat diterima anak, salah satunya lewat skin to skin touch yang dilakukan antara ibu dan anak,” jelas Saskhya.

Baca juga: 3 Cara Mendidik Anak Jadi Orang yang Jujur

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com