Punya Sahabat Bikin Hidup Berwarna dan Mental Sehat

Kompas.com - 31/07/2020, 15:07 WIB
Ilustrasi ShutterstockIlustrasi

KOMPAS.com – Orang bijak berkata, sahabat adalah keluarga yang kita pilih. Rasanya pendapat itu memang tidak berlebihan karena sebagian orang justru merasa lebih dekat dengan sahabatnya ketimbang keluarga dan saudaranya sendiri.

Apalah arti hidup tanpa dukungan seorang sahabat. Mereka adalah orang yang ikut bahagia ketika kita berbahagia dan yang pertama memberikan dukungan dan bantuan di masa sulit.

Seorang sahabat juga berperan penting dalam kesehatan kita secara umum. Menurut banyak penelitian, orang dewasa yang memiliki sahabat cenderung bisa menurunkan risiko kesehatan seperti depresi, kesepian, tekanan darah tinggi, serta kegemukan.

Tidak hanya itu, penelitian juga menemukan bahwa orang dewasa yang bisa menjaga persahabatannya cenderung hidup lebih lama dibanding orang yang sulit berteman.

Dalam hal pertemanan, kualitas ternyata lebih penting dari pada kuantitas. Dengan kata lain, lebih menguntungkan punya sedikit teman tapi bisa kita sebut sehabat, ketimbang punya banyak teman tapi kurang memberi dukungan saat susah dan senang.

Baca juga: Hari Persahabatan, Sejarah, dan Maknanya...

Hari Persahabatan

Begitu pentingnya kehadiran sahabat, dunia pun merayakannya setiap tanggal 30 Juli.
Pada perayaan ini, orang-orang umumnya membagikan semangat kepada orang lain di mana mereka telah menghadapi banyak tantangan, seperti krisis perpecahan, kemiskinan, kekerasan, dan pelanggaran HAM.

Menurut sejarahnya, Hari Persahabatan dicetuskan oleh penemu kartu Hallmark, Joyce Hall.
Lalu, di tahun 1998, Nane Annan, istri dari Sekretaris Jenderal PBB menetapkan Winnie the Pooh sebagai duta persahabatan di PBB.

Baru pada 2011, PBB setuju menetapkan tanggal 30 Juli sebagai Hari Persahabatan. Gagasan utamanya adalah persahabatan antar orang, negara, budaya, dan individu dapat menginspirasi upaya perdamaian dan membangun relasi antara masyarakat.

Baca juga: Waspadai, 5 Risiko Kesehatan yang Muncul dari Rasa Kesepian

Untuk merayakan Hari Persahabatan, berikut adalah beberapa ide menarik untuk menunjukkan betapa berharganya mereka yang kita sebut sahabat.

1. Collage foto
Buat collage foto yang berisi foto-foto kamu dan para sahabat lalu unggah di media sosial.

Halaman:


25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X