Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Punya Sahabat Bikin Hidup Berwarna dan Mental Sehat

Kompas.com - 31/07/2020, 15:07 WIB
Lusia Kus Anna

Editor

KOMPAS.com – Orang bijak berkata, sahabat adalah keluarga yang kita pilih. Rasanya pendapat itu memang tidak berlebihan karena sebagian orang justru merasa lebih dekat dengan sahabatnya ketimbang keluarga dan saudaranya sendiri.

Apalah arti hidup tanpa dukungan seorang sahabat. Mereka adalah orang yang ikut bahagia ketika kita berbahagia dan yang pertama memberikan dukungan dan bantuan di masa sulit.

Seorang sahabat juga berperan penting dalam kesehatan kita secara umum. Menurut banyak penelitian, orang dewasa yang memiliki sahabat cenderung bisa menurunkan risiko kesehatan seperti depresi, kesepian, tekanan darah tinggi, serta kegemukan.

Tidak hanya itu, penelitian juga menemukan bahwa orang dewasa yang bisa menjaga persahabatannya cenderung hidup lebih lama dibanding orang yang sulit berteman.

Dalam hal pertemanan, kualitas ternyata lebih penting dari pada kuantitas. Dengan kata lain, lebih menguntungkan punya sedikit teman tapi bisa kita sebut sehabat, ketimbang punya banyak teman tapi kurang memberi dukungan saat susah dan senang.

Baca juga: Hari Persahabatan, Sejarah, dan Maknanya...

Hari Persahabatan

Begitu pentingnya kehadiran sahabat, dunia pun merayakannya setiap tanggal 30 Juli.
Pada perayaan ini, orang-orang umumnya membagikan semangat kepada orang lain di mana mereka telah menghadapi banyak tantangan, seperti krisis perpecahan, kemiskinan, kekerasan, dan pelanggaran HAM.

Menurut sejarahnya, Hari Persahabatan dicetuskan oleh penemu kartu Hallmark, Joyce Hall.
Lalu, di tahun 1998, Nane Annan, istri dari Sekretaris Jenderal PBB menetapkan Winnie the Pooh sebagai duta persahabatan di PBB.

Baru pada 2011, PBB setuju menetapkan tanggal 30 Juli sebagai Hari Persahabatan. Gagasan utamanya adalah persahabatan antar orang, negara, budaya, dan individu dapat menginspirasi upaya perdamaian dan membangun relasi antara masyarakat.

Baca juga: Waspadai, 5 Risiko Kesehatan yang Muncul dari Rasa Kesepian

Untuk merayakan Hari Persahabatan, berikut adalah beberapa ide menarik untuk menunjukkan betapa berharganya mereka yang kita sebut sahabat.

1. Collage foto
Buat collage foto yang berisi foto-foto kamu dan para sahabat lalu unggah di media sosial.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com