Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 01/08/2020, 10:03 WIB
Lusia Kus Anna

Editor

Sumber


KOMPAS.com - Membaca buku sangat penting tidak hanya untuk pendidikan, tetapi juga untuk kemampuan komunikasi anak terutama di era digital saat ini. Karena itu, penting rasanya untuk membuat agar anak senang membaca buku.

Menurut studi dari University of Rochester’s Warner School of Education, menumbuhkan kecintaan membaca buku pada Si Kecil adalah kunci untuk membuka pintu pembelajaran hidupnya. Membaca bisa jadi sumber informasi yang menyenangkan, menghibur, dan menarik bagi anak-anak.

Menanamkan kecintaan membaca sejak dini akan mengembangkan kosa kata, membangun kemandirian serta kepercayaan diri secara tidak langsung.

Untuk itu, penting bagi orang tua membantu Si Kecil agar senang membaca buku. Lantas, bagaimana caranya agar anak senang membaca buku? Simak di bawah ini ya.

1. Pilih buku yang disukai anak
Mulailah dengan buku yang mungkin akan mereka sukai. Jika Si Kecil merasa semua buku membosankan, Anda bisa mencoba buku dengan cover depan yang unik untuk menarik perhatiannya terlebih dahulu.

Studi dari University of California Cooperative Extension menyatakan orangtua harus mulai memasukkan berbagai macam buku yang mungkin akan mereka sukai, seperti buku cerita dengan gambar, buku berhitung, dan buku alfabet. Hal ini akan mendorongnya untuk menyukai membaca dan buku.

Baca juga: Jangan Malas Membaca Buku, Ini 8 Manfaatnya

2. Jadikan sebagai rutinitas
Semakin sering anak bertemu dengan buku, maka akan bertambah juga ketertarikan mereka dengan membaca. Anda bisa mencoba mengatur jadwal membaca dengan Si Kecil setiap hari, agar kegiatan ini menjadi rutinitas yang terus terjadi.

Jika membaca sudah menjadi bagian penting dalam hidupnya, ia akan mulai membaca semua hal yang ada di sekitarnya seperti nama menu, nama film, rambu-rambu di jalanan serta laporan cuaca.

3. Buat sudut baca yang nyaman
Untuk semakin menambah minat bacanya, Anda perlu membuat sudut baca yang nyaman agar Si Kecil lebih fokus saat membaca. Suasana yang tenang, nyaman, dan penuh dengan buku bisa menjadi inspirasi untuk membuat sudut baca yang disukai anak-anak.

Anda bisa menyediakan kursi yang nyaman serta sebuah lemari dinding yang rapi untuk meletakan buku-buku favoritnya. Suasana yang nyaman inilah yang akan membuat Si Kecil semakin menyukai kegiatan baca.

Baca juga: Usia Berapa Anak Siap Memiliki Ponsel Sendiri?

Anak-anak membaca buku di bemo perpustakaan di Jalan Karet Pasar Baru Barat II, Tanah Abang, Jalarta Pusat, Jumat (7/12/2018). Pak Sutino (58) adalah sopir bemo yang merintis bemo tuanya menjadi perpustakaan keliling bagi anak-anak sejak tahun 2013.  Pak Sutino (58) adalah sopir bemo yang merintis bemo tuanya menjadi perpustakaan keliling bagi anak-anak sejak tahun 2013.KOMPAS.com/GARRY LOTULUNG Anak-anak membaca buku di bemo perpustakaan di Jalan Karet Pasar Baru Barat II, Tanah Abang, Jalarta Pusat, Jumat (7/12/2018). Pak Sutino (58) adalah sopir bemo yang merintis bemo tuanya menjadi perpustakaan keliling bagi anak-anak sejak tahun 2013. Pak Sutino (58) adalah sopir bemo yang merintis bemo tuanya menjadi perpustakaan keliling bagi anak-anak sejak tahun 2013.

4. Ajak anak ke perpustakaan
Cara lain agar anak senang membaca buku ialah dengan mengajaknya membaca di luar. Pergi ke perpustakaan adalah sebuah ide yang bagus untuk mencegah kebosanan di rumah.

Selain menambah pengalaman, perpustakaan juga dapat menambah referensi buku bacaan untuk Si Kecil, lho.

Baca juga: TK dan Pelajaran Membaca

5. Jadilah role model untuknya
Umumnya anak yang suka membaca dimulai pula dari orangtua yang suka membaca. Orang tua perlu menjadi panutan yang baik, agar anak bisa lebih mudah mengikuti, seperti halnya membaca.

Cobalah untuk jadi teman membaca tiap kali Si Kecil memulai sesi bacanya. Hal ini akan membangun bonding yang baik antara anak dengan orang tua serta mencontohkan rutinitas yang positif pula bagi Si Kecil.

Beberapa anak mungkin lebih menyukai kegiatan bermain daripada membaca buku. Misalnya seperti bermain gadget atau menonton televisi. Tidak masalah , asalkan porsi waktunya pun dibatasi.

Namun, agar Si Kecil tidak jenuh dan tak mengalami dampak buruk lainnya dari terlalu sering bermain gagdet, tak ada salahnya mencoba mengajaknya untuk mulai membaca.

Selamat mencoba!

Artikel ini merupakan kerjasama Kompas.com dengan Parenting.Orami.co.id

 

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com