Dampak Anak Nonton Youtube, Baik atau Buruk?

Kompas.com - 02/08/2020, 15:01 WIB
Ilustrasi anak bermain ponsel stigmatizeIlustrasi anak bermain ponsel
Editor Wisnubrata

KOMPAS.com - Internet sepertinya sudah menjadi bagian dari kehidupan kita sehari-hari. Banyak hal kita dapatkan dari internet, mulai dari pertemanan, informasi, penunjuk arah, hingga hiburan dan pengetahuan.

Namun internet juga bisa memberi dampak tidak baik bila kita tidak bijaksana menggunakannya, karena di internet ada juga kekerasan, pornografi, hoaks, dan penipuan.

Nah, bagaimana dengan anak-anak yang tidak asing dengan internet? 

Salah satu aplikasi yang digemari anak-anak di internet adalah YouTube. Dewasa ini, anak-anak dan YouTube layaknya dua sisi mata uang yang tidak terpisahkan.

Meski ada manfaat yang mungkin didapat anak dari nonton YouTube, kita tentu khawatir screen time yang terlalu lama akibat kegiatan ini bisa membawa dampak buruk bagi Si Kecil.

Kalau sudah begini, apa yang sebaiknya kita lakukan?

YouTube merupakan salah satu platform media sosial yang sangat digemari oleh anak-anak. Setali tiga uang, YouTube pun sadar akan banyaknya anak yang mengakses aplikasi ini sehingga mereka memiliki aplikasi khusus anak bernama YouTube Kids.

Salah satu studi menyatakan YouTube Kids dapat menghadirkan banyak manfaat bagi anak-anak, terutama dalam mengajarkan beberapa hal baru pada buah hati Anda. Namun, ada pula dampak negatif yang tak terelakkan, namun bisa diminimalisir dengan cara yang tepat.

Baca juga: Penderita Kecanduan Internet Bermunculan, Perhatikan Gejalanya...

Dampak positif anak nonton YouTube

Mayoritas konten di platform YouTube biasanya berupa gabungan video dan musik yang sangat menarik bagi anak.

Mulai dari video animasi, video edukasi yang dibungkus dengan humor oleh tokoh kartun kesayangan anak, hingga konten hiburan oleh para YouTuber anak-anak.

Halaman Selanjutnya
Halaman:


Sumber
Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X