Demi Keselamatan, Persiapkan Ini Saat Lari di Tengah Cuaca Panas

Kompas.com - 02/08/2020, 19:17 WIB
Ilustrasi lari pagi jacoblundIlustrasi lari pagi

KOMPAS.com - Melakukan olahraga lari di luar ruangan tentu baik untuk kesehatan, tapi berlari delapan kilometer selama musim panas bisa sangat menguras energi.

Belari di tengah cuaca panas akan membuat tubuh bekerja lebih keras, karena tubuh berusaha untuk tetap mendinginkan tapi juga sambil menjaga aliran darah bergerak ke otot.

Selain itu, cuaca panas juga akan membuat tubuh lebih mudah mengalami dehidrasi dan kepanasan, yang bahkan bisa menyebabkan heat stroke – cedera tubuh yang diakibatkan oleh paparan atau aktivitas yang terlalu lama di suhu udara tinggi.

Baca juga: YouTuber Ini Lari 5K Setiap Hari Selama Sebulan, Apa Hasilnya?

Tapi, bukan berarti selama musim panas kamu tak boleh berolahraga di luar ruangan. Ada beberapa hal yang perlu dipersiapkan, agar tak membahayakan kesehatan.

Karen Smith, ahli gizi dari Barnard Medical Center yang memiliki pengalaman lima kali lari maraton, mengatakan kepada Quartz, penting untuk memilih jenis pakaian olahraga yang tepat saat musim panas.

"Katun hanya akan menyerap keringat dan menjadi berat," katanya.

Selain mengenakan pakaian dengan bahan yang lebih ringan, Smith mengatakan, memakai kaus kaki dapat membantu mencegah lecet.

Jika kamu memilih pakaian berlengan pendek, penting untuk menerapkan tabir surya sebelum berlari.

Untuk mempersiapkan tubuh, Runner's World mengatakan bahwa menurunkan suhu tubuh satu jam sebelum berlari membantu memperlambat peningkatan suhu tubuh, ini akan membuat berlari lebih efisien.

Baca juga: Olahraga Lari Bisa Turunkan Risiko Kanker dan Kematian Dini

Beberapa studi menunjukkan, mendinginkan suhu tubuh sebelum berlari dapat meningkatkan kinerja sekitar tiga persen. Untuk mencobanya di rumah, bisa dengan menikmati minuman dingin atau duduk santai di ruangan ber-AC.

Kenaikan suhu tubuh berarti konsumsi cairan juga harus meningkat. Runner's World merekomendasikan untuk minum setidaknya setengah liter air setiap jam sebelum berlari.

Meski berlari dengan membawa botol agak merepotkan, Smith tetap menekankan pentingnya membawa banyak cairan saat berlari.

“Setiap pelari harus memiliki setidaknya botol air berkapasitas 1 liter yang harus diisi ulang sepanjang hari,” kata Smith.

Kamu bisa mencari botol air yang ringan dan pas di di toko-toko olahraga, agar lebih mudah untuk dibawa berlari.

Baca juga: Tips Lari Agar Efektif Turunkan Berat Badan, Mau Coba?

Halaman:


Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X