Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Mencegah Hilangnya Penglihatan pada Anak-anak Lewat Sabun Shea

Kompas.com - 02/08/2020, 22:45 WIB
Wisnubrata

Editor

Sumber

KOMPAS.com - Di banyak negara berkembang, lebih dari 500.000 anak kehilangan penglihatan setiap tahun karena kekurangan vitamin A. Gizi dan nutrisi yang buruk menyebabkan anak-anak ini tidak mendapatkan sumber vitamin yang dibutuhkan untuk kesehatan dan perkembangan mata.

UNICEF, Badan dunia yang mengurusi anak-anak sudah sejak lama mengurangi risiko kehilangan penglihatan pada anak-anak dengan berusaha memenuhi kebutuhan vitamin ini.

Untunglah upaya ini mendapat bantuan berbagai pihak, salah satunya dari L'Occitane, brand skincare asal Provence, Perancis.

Sebenarnya L'Occitane sudah sejak tahun 1997 menaruh perhatian pada mereka yang kesulitan melihat, dengan menyertakan huruf braile pada kemasan produknya.

Lalu pada tahun 2000, L'Occitane Foundation meneruskan aksinya dengan mendukung upaya menghindari kebutaan lewat program Union for Vision dengan target menyelamatkan penglihatan 10 juta anak sampai tahun 2020.

Upaya yang dilakukan pun beragam, salah satunya dengan donasi. Yang terbaru, L'Occitane menghadirkan sabun yang disebut solidarity soap. Hasil penjualan sabun berbentuk jantung hati ini akan disumbangkan seluruhnya untuk program Union for Vision.

Sabun yang dijual seharga Rp 105.000 ini dibuat menggunakan bahan-bahan tumbuhan alami dengan wangi madu dan orange blossom, serta diperkaya dengan shea butter yang dikenal khasiatnya dalam melembutkan kulit.

Menurut L'Occitane, satu sabun yang terjual akan bisa membantu pemenuhan kebutuhan vitamin A selama setahun untuk 3 anak, guna mencegah mereka menjadi buta.

Baca juga: Merawat Tubuh dan Membantu Orang lain Melihat Kembali

Bersama sabun ini, L'Occitane juga menghadirkan Shea Intensive Hand Balm yang mengandung 25% shea butter, lebih banyak dari produk hand cream sebelumnya.

 
 
 
View this post on Instagram
 
 

L’Occitane Solidarity Soap adalah sabun berbentuk hati sebagai lambang cinta dan kemasan warna-warni menjadi gambaran masa kanak-kanak yang menyenangkan ?????????????? ?????????? Tahukah Anda??????????? Setiap pembelian 1 Solidarity Soap, Anda telah memberikan asupan Vitamin A yang diperuntukkan bagi 3 anak selama 1 tahun.?????????? ?????????? Bantu kami melawan gangguan penglihatan bersama @unicef dengan memberikan dukungan melalui Solidarity Soap!?????????? ?????????? Berikan ???? pada kolom komentar jika Anda sudah memberikan dukungan melalui Solidarity Soap?????????? ?????????? #LOccitane #LOccitaneID #SolidaritySoap #UNICEF #NotJustABrand #MakingADifference

A post shared by L'OCCITANE en Provence | ID (@loccitane_id) on Jul 24, 2020 at 10:00pm PDT

Mengapa Shea?

LOccitane Intensive Hand BalmLOccitane LOccitane Intensive Hand Balm
Bermula dari dataran Afrika, kini ketenaran shea butter telah mendunia. Shea butter disebut-sebut sebagai salah satu bahan yang paling efektif untuk melembapkan kulit.

Dengan kulit yang lembap, kulit pun akan lebih mudah terhindar dari masalah-masalah seperti tanda penuaan. Namun di balik itu, pemakaian shea butter yang tepat juga mampu memulihkan inflamasi pada kulit sampai membuat kulit menjadi sangat lembut.

Shea butter berasal dari lemak kacang pohon shea. Meskipun termasuk produk dari kacang-kacangan, tetapi shea butter biasanya aman untuk segala jenis kulit dan tidak memicu reaksi alergi.

Ini disebabkan karena shea butter memiliki kadar protein yang sedikit sehingga jarang memicu alergi. Selain itu, shea butter juga tidak membuat kulit berminyak sesudah pemakaian. Berikut adalah beberapa manfaat shea butter:

1. Melembapkan kulit

Halaman:
Sumber
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com