Selain Menghilangkan Kerutan, Botox Membantu Menurunkan Risiko Depresi

Kompas.com - 02/08/2020, 23:40 WIB
Ilustrasi botox SHUTTERSTOCK/ hedgehog94Ilustrasi botox

KOMPAS.com - Menurut penelitian terbaru, ada efek samping yang menyenangkan dari memakai botox untuk mengatasi keriput, migrain, atau keringat berlebih, yaitu mengurangi depresi.

Hal tersebut diungkap dalam penelitian komprehensif 30 Juli lalu di Scientific Reports.

Untuk penelitian ini, para peneliti menggunakan basis data FDA's Adverse Effect Reporting System (FAERS) untuk meninjau hampir 40.000 pengalaman orang dengan Botox.

Baca juga: Simon Cowell Akui Kebanyakan Suntik Botox

Mereka menemukan, bahwa orang yang menerima Botox untuk berbagai kondisi melaporkan risiko depresi berkurang 40 hingga 88 persen daripada orang yang menerima perawatan lain untuk kondisi yang sama.

Dengan kata lain, sepertinya mereka yang memilih Botox untuk keriput, migrain, atau nyeri otot memiliki risiko depresi lebih rendah daripada orang yang memilih obat berbeda.

Penelitian menunjukkan, Botox di wajah tampaknya mengurangi depresi bukan karena meningkatkan citra diri, tetapi karena garis-garis kerutan yang lebih halus membuat otak merasa lebih bahagia.

Tetapi studi saat ini menunjukkan efek antidepresan Botox yang tampak lebih kompleks, karena tidak terbatas pada wajah.

Orang-orang yang mendapat suntikan di kandung kemih mereka untuk inkontinensia atau otot-otot kaki mereka untuk mengontrol kejang juga mengalaminya.

"Itu berarti kita memiliki lebih banyak peluang untuk menggunakan kembali Botox sebagai pengobatan antidepresan, dan itu juga berarti bahwa pemahaman kita tentang mekanisme efek perlu ditinjau kembali dan dimodifikasi," kata seorang penulis penelitian Ruben Abagyan, seorang profesor farmasi di Universitas California San Diego.

Baca juga: Risiko Botox Ketiak Seperti Chrissy Teigen

Halaman:


Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X