Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Bella Hadid Ungkap Rasialisme di Industri Fashion

Kompas.com - 05/08/2020, 12:35 WIB
Dian Reinis Kumampung,
Lusia Kus Anna

Tim Redaksi

KOMPAS.com — Supermodel Bella Hadid mengungkap tentang rasialisme di industri fashion yang selama ini jarang diketahui orang.

Dalam cerita sampul digital majalah ELLE edisi Agustus, Hadid menjelaskan pentingnya menggunakan panggungnya untuk menyampaikan berita dan informasi mengenai gerakan Black Lives Matter.

Gerakan yang awalnya merupakan protes untuk menyerukan diakhirinya kebrutalan polisi setelah kematian George Floyd yang tidak adil, Ahmaud Arbery, Breonna Taylor, dan banyak lagi secara nasional di Amerika Serikat.

"Saya memiliki begitu banyak tanggung jawab untuk menggunakan panggung saya untuk kebaikan, terutama seiring bertambahnya usia," kata Hadid kepada majalah itu.

"Saya ingin anak perempuan dan anak laki-laki tahu bahwa tidak apa-apa menggunakan suaramu dan menuntut keadilan bagi apa yang penting bagimu,” imbuhnya.

“Saya ingin mereka tahu bahwa boleh saja bersikap empati dan lembut, tetapi untuk menjadi kuat dan berbicara kebenaran di waktu yang sama,” lanjutnya.

Baca juga: Supreme Ikut Lawan Rasisme Lewat Donasi

Hadid juga menyatakan empati terhadap teman-teman kulit hitamnya dan rekan-rekannya dalam industri fashion yang tanpa lelah menyuarakan frustrasi mereka dengan dunia mode.

"Memasuki musim berikutnya, rasa takut saya adalah melihat salah satu teman laki-laki berkulit hitam yang harus merelakan rambutnya terbakar karena pelurus rambut, atau merias wajahnya sendiri karena penata rias belum dilatih untuk bekerja dengan semua jenis kulit yang berbeda," lanjut Hadid.

"Saya benci bahwa beberapa teman kulit hitam saya merasakan hal yang sama. Bahkan jika mereka duduk di barisan depan, mereka tidak merasa diterima. Industri kita seharusnya mengenai ekspresi dan individualitas, tetapi kenyataannya adalah (banyak orang) masih mendiskriminasi karena (perbedaan-perbedaan itu),” kata Hadid lagi.

Ketika protes Black Lives Matter bangkit kembali pada bulan Mei, Hadid mengunggah ke Instagram untuk berbagi bahwa ia akan menyumbang ke Dana Pertahanan Hukum NAACP.

Baca juga: Bella Hadid Akan Lelang Item Fesyen untuk Amal

Dia juga berbagi dukungannya terhadap mereka yang memprotes, menyumbang, dan menuntut keadilan karena terlalu banyak nyawa orang kulit hitam yang melayang di tangan polisi di Amerika.

Selain Hadid, para model lain juga berbicara tentang rasialisme dalam industri. Rekan modelnya, Joan Smalls, menulis seruan untuk bertindak bagi mereka yang berkuasa untuk tidak lagi terlibat dalam masalah rasialisme sistemik.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com