Kompas.com - 05/08/2020, 17:58 WIB
Ilustrasi anak obesitas ShutterstockIlustrasi anak obesitas

KOMPAS.com - Obesitas adalah sebuah istilah yang harus dipadankan dengan kondisi kesehatan seseorang, dan bukan hanya soal kelebihan berat badan.

Pedoman klinis terbaru di Kanada mengemukakan hal tersebut, termasuk saran kepada dokter untuk memberikan rekomendasi mendalam, tak sekadar soal diet dan olahraga.

Sebaliknya, para tenaga kesehatan tersebut harus fokus kepada akar penyebab kenaikan berat badan, dan lantas mengambil pendekatan holistik untuk kesehatan.

Baca juga: Waspadai, Multitasking Tingkatkan Risiko Obesitas, Mengapa?

Pedoman, yang diterbitkan dalam Canadian Medical Association Journal, Selasa (4/8/2020), secara khusus memperingatkan stigma terkait berat badan pasien dalam sistem kesehatan.

"Narasi budaya yang dominan tentang obesitas memicu asumsi tentang betapa tak bertanggung jawab seseorang, atau kurang kemauan, hingga menyalahkan dan mempermalukan orang yang hidup dengan obesitas."

Demikian narasi yang tertuang dalam pedoman tersebut, yang ditujukan kepada tenaga kesehatan dalam kontek mendiagnosa dan mengobati obesitas, dalam praktik sehari-hari.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Baca juga: Obesitas Tingkatkan Risiko Kondisi Kritis Saat Terinfeksi Covid-19

Ximena Ramos-Salas, Direktur Penelitian dan Kebijakan di Obesity Canada, yang juga salah satu penyusun pedoman tersebut memberikan penjelasannya. 

Dia mengatakan, hasil penelitian menunjukkan banyak dokter mendiskriminasi pasien obesitas. Padahal, pendekatan tersebut dapat menyebabkan hasil kesehatan yang lebih buruk, terlepas dari berat badan pasien.

"Bias berat badan bukan hanya tentang mempercayai hal yang salah terkait obesitas," kata dia kepada BBC.

"Bias berat badan sebenarnya berpengaruh pada perilaku praktisi kesehatan," sambung dia.

Halaman:


Sumber BBC
Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.