Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 05/08/2020, 17:58 WIB
Glori K. Wadrianto

Editor

Sumber BBC

KOMPAS.com - Obesitas adalah sebuah istilah yang harus dipadankan dengan kondisi kesehatan seseorang, dan bukan hanya soal kelebihan berat badan.

Pedoman klinis terbaru di Kanada mengemukakan hal tersebut, termasuk saran kepada dokter untuk memberikan rekomendasi mendalam, tak sekadar soal diet dan olahraga.

Sebaliknya, para tenaga kesehatan tersebut harus fokus kepada akar penyebab kenaikan berat badan, dan lantas mengambil pendekatan holistik untuk kesehatan.

Baca juga: Waspadai, Multitasking Tingkatkan Risiko Obesitas, Mengapa?

Pedoman, yang diterbitkan dalam Canadian Medical Association Journal, Selasa (4/8/2020), secara khusus memperingatkan stigma terkait berat badan pasien dalam sistem kesehatan.

"Narasi budaya yang dominan tentang obesitas memicu asumsi tentang betapa tak bertanggung jawab seseorang, atau kurang kemauan, hingga menyalahkan dan mempermalukan orang yang hidup dengan obesitas."

Demikian narasi yang tertuang dalam pedoman tersebut, yang ditujukan kepada tenaga kesehatan dalam kontek mendiagnosa dan mengobati obesitas, dalam praktik sehari-hari.

Baca juga: Obesitas Tingkatkan Risiko Kondisi Kritis Saat Terinfeksi Covid-19

Ximena Ramos-Salas, Direktur Penelitian dan Kebijakan di Obesity Canada, yang juga salah satu penyusun pedoman tersebut memberikan penjelasannya. 

Dia mengatakan, hasil penelitian menunjukkan banyak dokter mendiskriminasi pasien obesitas. Padahal, pendekatan tersebut dapat menyebabkan hasil kesehatan yang lebih buruk, terlepas dari berat badan pasien.

"Bias berat badan bukan hanya tentang mempercayai hal yang salah terkait obesitas," kata dia kepada BBC.

"Bias berat badan sebenarnya berpengaruh pada perilaku praktisi kesehatan," sambung dia.

Di Kanada, tingkat obesitas melambung tiga kali lipat selama masa tiga dekade terakhir.

Baca juga: Anak yang Tidur Larut Malam Berisiko Obesitas

Kini, satu dari empat orang Kanada mengalami obesitas, berdasarkan data Statistik Kanada.

Pedoman tersebut belum diperbarui sejak 2006. Versi baru ini didanai oleh Obesity Canada, Asosiasi Dokter dan Ahli Bedah Bariatrik Kanada, serta Institut Penelitian Kesehatan Kanada, dalam progam bertajuk Strategi untuk hibah Penelitian yang Berorientasi pada Pasien.

Saran terbaru ini memang masih merekomendasikan menggunakan kriteria diagnostik seperti indeks massa tubuh (BMI) dan lingkar pinggang.

Namun hal ini sekaligus mengakui keterbatasan klinis yang ada, hingga dokter harus lebih fokus pada bagaimana berat badan berdampak pada kesehatan seseorang.

Halaman:
Sumber BBC
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com