6 Sayuran yang Dibenci Anak-anak dan Cara Mengolahnya

Kompas.com - 05/08/2020, 22:24 WIB
Ilustrasi anak mengemut makanan. ThinkstockphotosIlustrasi anak mengemut makanan.

KOMPAS.com - Ada beberapa sayuran yang sering dibenci anak-anak. Sebut saja brokoli, ditambah dengan irisan bawang putih, minyak zaitun, sedikit taburan lada dan garam mungkin akan membuat Anda langsung membayangkan kelezatannya.

Tetapi, itu tidak berlaku pada anak-anak, apalagi jika si kecil termasuk pemilih makanan.

Faktanya, anak-anak memang memiliki selera yang berbeda dari orang dewasa. Jadi ketika harus membujuk mereka untuk makan sayuran, orangtua harus pintar mencari cara.

Baca juga: 5 Trik untuk Bikin Anak Mau Makan Buah dan Sayuran

Pakar nutrisi dan penulis buku makanan, Michelle Tchea membagikan tips untuk membantu orangtua membuat anak mau makan sayur.

Ilustrasi brokoliMizina Ilustrasi brokoli

1. Brokoli

Mengandung banyak vitamin dan mineral penting, serta serat. Selain sifat anti-kanker, setengah cangkir brokoli memasok 2,6 gram serat, yang merupakan 14 persen dari 19 gram yang dibutuhkan balita setiap hari.

Serat membuat sistem pencernaan anak bekerja dengan baik, sehingga ia memiliki pergerakan usus yang teratur dan kecil kemungkinannya mengalami sembelit.

Satu porsi brokoli yang sama menyediakan sekitar 50mg vitamin C, yang mana ini lebih dari yang dibutuhkan anak sepanjang hari.

Selain itu, kandungan vitamin C membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh dan menangkal infeksi.

Cara mengolah brokoli agar lebih disukai anak

Menyajikan brokoli kukus di depan anak tentu tidak akan membuatnya tertarik, jadi cobalah menambahkan topping lezat yang kira-kira sesuia seleranya.

Pasta makaroni keju biasanya sangat disukai anak-anak, Anda bisa menambahkan brokoli ke dalamnya.

Salah satu resep favorit Michelle adalah brokoli yang dicampur sedikit dengan keju dan irisan daging tipis, yang dibungkus dengan pastry dan kemudian dipanggang. Anak-anak akan menyukainya untuk camilan sore.

Ajak anak untuk menyiapkan dan memasaknya. Umumnya, anak-anak akan lebih tertarik memakannya jika dia terlibat saat memasaknya.

“Tunjukkan padanya cara memotong brokoli dan sebutlah itu sebagai “pohon” untuk menciptakan rasa senang,” kata Michelle.

Jika dia masih menolak memakannya, tambahkan potongan kecil brokoli ke dalam sup ayam, atau pertimbangkan untuk menyajikannya dengan saus yogurt favorit anak, untuk menciptakan cara menyenangkan saat memakan "pohonnya”.

Baca juga: Resep Nuget Ayam Brokoli, Teman Makan yang Gurih Menggoyang Lidah

Halaman:


25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X