Cara Membersihkan "Coffee Maker" dengan Cuka Apel

Kompas.com - 06/08/2020, 09:43 WIB
Memasuki waktu sore atau malam hari, mesin ini mungkin salah satu alasan Anda tidak mengantuk saat memasuki jam tidur. amazon.comMemasuki waktu sore atau malam hari, mesin ini mungkin salah satu alasan Anda tidak mengantuk saat memasuki jam tidur.

KOMPAS.com – Menyeduh kopi sendiri di rumah memang lebih gampang dengan mesin pembuat kopi ( coffee maker). Agar kualitas kopi tetap terjaga, sangat penting menjaga kebersihan mesin tersebut.

Coffee maker yang jarang dibersihkan dapat menjadi tempat tumbuhnya kuman. Menurut studi tahun 2011 yang dilakukan oleh NSF International, mesin kopi berada di urutan ke-5 sebagai tempat paling banyak kuman di rumah.

Menurut ahli mikrobiologi dari NSF International, Lisa Yakas, mesin kopi jadi tempat yang cocok untuk kuman karena dua alasan, yaitu kelembaban dan hangat.

“Selain itu, banyak orang tidak sadar bahwa mesin kopi harus dibersihkan rutin,” kata Yakas seperti dikutip dari HGTV.com.

Perhatikan cara membersihkan coffeemaker Anda dari buku manual. Untuk membersihkan rutin setiap hari, yang dibutuhkan hanya air dan sabun. Namun, sebulan sekali Yakas menyarankan agar dilakukan pembersihan mendalam menggunakan cuka apel.

Baca juga: Cara Mudah Menyeduh Kopi di Rumah Ala Coffee Shop

Berikut beberapa tips membersihkan coffeemaker agar bebas dari kuman:

Pembersihan harian setiap kali selesai dipakai:
- Buang ampas bubuk kopi sampai benar-benar bersih.
- Cuci wadah atau botol tempat kopi dan bagian lain yang bisa dicopot, termasuk wadah filter, dengan air hangat dan sabun.
- Bilas dan keringkan.
- Lap seluruh bagian mesin kopi dengan lap lembab yang dicelupkan ke air sabun.

Pembersihan bulanan:
- Tambahkan 3-4 cangkir asam cuka ke tempat wadah air, biarkan selama 30 menit.
- Nyalakan mesin untuk siklus brewing sampai dua siklus, lalu bilas sampai bau asam cukanya hilang.
- Karena kuman dan jamur gampang tumbuh dalam kondisi lembab, selalu pastikan semua bagian coffeemaker dalam kondisi kering sebelum disimpan.

Baca juga: Kelebihan Bikin Kopi Pakai French Press, Baca Sebelum Ngopi Pagi

 



Sumber HGTV
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X