Nintendo Laporkan Keuntungan Besar Selama Pandemi

Kompas.com - 07/08/2020, 08:02 WIB
Ilustrasi gambar Nintendo Switch NintendoIlustrasi gambar Nintendo Switch
|
Editor Wisnubrata

KOMPAS.com - Walau kebanyakan bisnis mengalami kesulitan dan kemerosotan, namun ternyata tidak semua perusahaan mengalami kerugian akibat pandemi.

Amazon.com misalnya, justru meraih keuntungan besar karena banyak orang berbelanja secara online. Hal yang sama juga terjadi pada Nintendo.

Raksasa game asal Jepang itu justru melaporkan keuntungan operasi mereka meningkat sebanyak 428 persen pada kuartal pertama, menurut keterangan perusahaan itu pada hari Kamis (6/8/2020).

Lonjakan keuntungan Nintendo itu menunjukkan bahwa industri video game telah mendapat "berkah" dari pandemi virus corona, karena orang menjadi lebih banyak bermain game selama berada di rumah.

Nintendo melaporkan laba operasional 144,7 miliar yen atau sekitar Rp 19,9 triliun pada kuartal April-Juni, melampaui ekspektasi analis, dari 27,4 miliar yen (Rp 3,7 triliun) pada kuartal tahun lalu.

Sementara itu, penjualan bersih mencapai 358,1 miliar yen atau setara Rp 49,4 triliun, naik 108 persen dari 172,1 miliar yen (Rp 23,7 triliun) yang dilaporkan Nintendo pada periode yang sama tahun lalu.

Penjualan konsol Nintendo Switch dan Switch Lite yang populer milik perusahaan tumbuh sekitar 167 persen menjadi 5,68 juta unit di kuartal tersebut.

American Depository Receipts (tanda terima untuk saham dari perusahaan asing yang tercatat di dalam bursa AS) juga naik 3 persen pada hari Kamis.

Fenomena itu menunjukkan tingginya permintaan untuk game selama pandemi. Penerbit game besar seperti Activision Blizzard dan Take-Two Interactive juga telah melaporkan hasil positif minggu ini.

Salah satu judul game Nintendo, "Animal Crossing: New Horizons" yang dirilis pada bulan Maret dengan cepat menjadi hits, di mana para pemain harus menemukan jalan keluar saat terjebak di dalam ruangan.

Halaman:


Sumber CNBC
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X