Sudahkan Kamu Mencuci Perlengkapan Outdoor dengan Benar?

Kompas.com - 07/08/2020, 14:36 WIB
Ilustrasi ThinkstockphotosIlustrasi
|
Editor Wisnubrata

KOMPAS.com - Aktivitas outdoor dan gaya hidup berpetualang semakin populer belakangan ini, dan jumlah perlengkapan yang kita butuhkan terus bertambah.

Hanya saja, perlengkapan outdoor harganya mahal dan kita sering bingung bagaimana merawatnya. Bahkan banyak dari kita tidak tahu bagaimana mencuci jaket waterproof atau jaket berbahan wol dengan benar.

Ada anggapan umum bahwa kita tidak boleh membersihkan perlengkapan outdoor karena deterjen akan melunturkan lapisan pelindung dan lapisan anti air.

Namun, melalui cara yang tepat, mencuci perlengkapan outdoor bisa membuatnya lebih awet. Simak ulasan di bawah ini.

1. Material Gore-Tex

Kita harus membersihkan item berbahan Gore-Tex atau material tahan air lainnya jika ada penumpukan keringat, minyak, kotoran atau bahkan sisa api unggun.

Cara mencuci item berbahan Gore-Tex sebenarnya relatif sederhana. Pertama, tutup ritsleting depan dan ritsleting lubang apa pun di jaket.

Kemudian, longgarkan velcro, dan buka sakunya untuk memeriksa apakah ada barang yang tertinggal. Barulah kita siap mencuci jaket Gore-Tex.

Jika tidak memiliki deterjen yang lembut, gunakan deterjen biasa. Tapi pastikan kita membilas jaket Gore-Tex setidaknya dua kali.

Taruh jaket ke dalam mesin cuci, dan pastikan setelannya dingin atau hangat dengan putaran mesin sedang.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X