Turun Berat Badan tapi Mengapa Selulit Tak Hilang?

Kompas.com - 09/08/2020, 19:00 WIB
Ilustrasi selulit shutterstockIlustrasi selulit

KOMPAS.com— Selulit yang muncul di beberapa bagian tubuh kerap membuat wanita kesal, tapi walau sudah melakukan berbagai pencegahan, hampir 90 persen wanita akan memilikinya dalam beberapa bentuk.

Meskipun tidak banyak yang dapat dilakukan untuk menghilangkan "kulit jeruk" ini dari tubuh, ada baiknya kamu mengetahui seluk beluk selulit, penyebabnya dan apakah kamu dapat menghilangkannya atau tidak.

Mitos 1: Hanya orang yang kegemukan yang memilki selulit

Faktanya adalah tidak, selulit adalah penumpukan sel-sel lemak di bawah kulit yang tampak bergelombang karena mendorong jaringan ikat, menyebabkan area di atasnya menjadi seperti lesung pipit.

Semua bentuk tubuh, entah itu langsing atau berisi punya peluang yang sama untuk memiliki selulit.

Meskipun kelebihan berat badan membuatnya lebih terlihat, selulit dipengaruhi oleh penuaan, genetika, fluktuasi berat badan, dan bahkan kerusakan akibat sinar matahari. Dan sekali lagi, itu bisa terjadi pada wanita dengan segala bentuk tubuh.

Baca juga: Selulit atau Stretch Mark, Mana yang Lebih Sulit Dihilangkan?

Mitos 2: Menurunkan berat badan akan membuat selulit hilang

Karena fluktuasi berat badan adalah pemicu keberadaan selulit, menurunkan berat badan sebenarnya dapat memperburuk penampilan sellulit, tapi hal ini juga tergantung bagaimana kamu menurunkan berat badan.

Menjalani diet ketat jelas tidak sehat, tetapi itu juga bisa membuat selulit lebih jelas karena kehilangan bobot tubuh dengan cepat menyebabkan kulit kehilangan sebagian elastisitasnya, hal ini akan semakin memperjelas kerutan yang sudah ada di kulit.

Ilustrasi. Ilustrasi.

Halaman:


Sumber SHAPE
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X