Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 10/08/2020, 10:09 WIB

KOMPAS.com - Ketika berada di usia remaja, rasanya kita tak terlalu peduli apakah hubungan bersama kekasih akan bertahan lama atau hanya beberapa bulan, bahkan beberapa minggu saja.

Seiring bertambahnya usia, kebanyakan orang ingin hubungannya berlangsung lama dan berusaha menjaganya hingga ke jenjang pernikahan.

Hubungan yang kuat dan sehat membutuhkan dua orang yang matang secara emosional untuk menjalankan hubungan mereka. Sayangnya, tidak semua orang cukup dewasa dalam menjalin hubungan.

Saling jatuh cinta saja tidak cukup menjadi modal agar hubungan awet. Masing-masing pihak juga harus cukup dewasa untuk menangani emosinya sendiri.

Lalu, seperti apa tanda pasangan kita belum cukup dewasa secara emosional?

1. Ia tidak bisa dengan jelas menyatakan melihat masa depan bersama Anda atau tidak. Terlepas dari kode-kode yang telah diberikan, si dia tampaknya mengabaikan perasaan Anda.

Baca juga: 5 Tanda Hubungan Sehat Bersama Pasangan, Coba Perhatikan

2. Dia tidak pernah benar-benar mendengarkan apa yang Anda katakan. Orang yang dewasa secara emosional selalu mau mendengarkan dan melihat sesuatu dari kedua sisi cerita.

Sebaliknya, orang yang tidak dewasa seringkali bertengkar tentang masalah yang tidak penting atau mudah kesal ketika segala sesuatunya tidak berjalan sesuai keinginan mereka.

3. Tidak bertanggung jawab atas kesalahan mereka sendiri. Seseorang yang tidak dewasa secara emosional tidak akan mencoba memahami fakta bahwa konflik adalah bagian dari suatu hubungan dan hal itu wajar. Mereka yang dewasa secara emosional mampu menyadari ketika mereka memang salah.

4. Dia mengatakan akan ada untuk Anda, tetapi tidak hadir saat Anda benar-benar membutuhkannya. Jika Anda melihat mereka tidak mampu berkomitmen bahkan pada janji yang sederhana, maka itu adalah tanda bahaya yang tidak boleh diabaikan.

Baca juga: 10 Hal yang Bisa Dilakukan Saat Kekasih Menolak Putus

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Halaman:
Sumber Pinkvilla
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.