Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Parfum Lokal HMNS Ciptakan Aroma yang 'Nempel' di Ingatan

Kompas.com - 10/08/2020, 11:40 WIB
Nabilla Tashandra,
Wisnubrata

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Wewangian bisa membangkitkan kenangan. Setuju?

Hal ini ternyata telah diungkapkan dalam banyak penelitian, lho.

Laman psychologytoday.com, misalnya, menyebutkan adanya sejumlah studi tingkah laku yang menemukan bahwa wewangian dapat memicu ingatan emosional yang lebih jelas dan lebih baik dalam mendorong perasaan "dibawa kembali ke masa lalu" daripada sebuah gambar.

Jawabannya bisa jadi karena anatomi otak. Bau yang masuk pertama kali diproses oleh olfactory bulb, yang dimulai di dalam hidung dan mengalir di sepanjang bagian bawah otak.

Olfactory bulb memiliki hubungan langsung ke dua area otak yang sangat terkait dengan emosi dan memori, yakni amigdala dan hipokampus. Menariknya, informasi visual, auditori (suara) dan sentuhan (sentuhan) ternyata tidak melewati area otak ini.

Inilah mengapa wewangian sangat berhasil dalam memicu emosi dan ingatan. 

Untuk itu, sebagian orang sangat perhatian dan selektif memilih wewangian untuk tubuhnya. Sebab, mereka tahu bahwa wangi yang berkarakter akan lebih diingat oleh orang lain.

Menciptakan parfum yang punya aroma berkarakter dan disukai oleh banyak orang menjadi prinsip utama dari brand parfum lokal asal Jakarta, HMNS (dibaca: Humans).

Founder HMNS, Rizky Arief Dwi menjelaskan, brand ini memiliki prinsip "made for humans", di mana mereka akan berupaya menciptakan parfum dengan wewangian yang cenderung disukai sebagian besar orang.

Baca juga: Ingin Beli Parfum Online? Ini yang Harus Dipertimbangkan

Satu notes yang terus digunakan oleh brand yang berdiri September 2019 ini dalam setiap produknya adalah "amber". Amber memiliki sifat tahan lama dan pada umumnya akan berbaur dengan aroma badan pengguna parfum tersebut.

Membuat setiap pengguna memiliki karakter wewangian yang unik dan berbeda dari orang lainnya.

"Kami ingin HMNS bisa melengkapi penampilan dan 'statement' seseorang. Ketika seseorang bisa hadir dengan performa terbaiknya, yaitu salah satunya menggunakan parfum dari HMNS, ada hal lain yang orang lain bisa ingat dari dia."

Demikian diungkapkan Rizky kepada Kompas.com, beberapa waktu lalu.

Nostalgia masa lalu

Rizky dan dua orang pendiri HMNS lainnya juga punya cerita sendiri tentang aroma dan kenangan.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com