4 Manfaat Hatha Yoga untuk Kesehatan Fisik dan Mental

Kompas.com - 10/08/2020, 13:50 WIB
Ilustrasi yoga Sukhasana fizkesIlustrasi yoga Sukhasana

KOMPAS.com - Hatha yoga adalah salah satu jenis yoga yang sedang populer di AS, sebagai latihan untuk melatih kekuatan otot dan menghubungkan pikiran dengan tubuh kita.

Penelitian menunjukkan, hatha yoga dikaitkan dengan manfaat kesehatan mental dan fisik seperti manajemen stres dan otot inti yang lebih kuat.

Apa itu hatha yoga?

Kata hatha berarti "disiplin kekuatan" dalam bahasa Sanskerta, dan tujuan hatha yoga adalah memperkuat otot-otot kita serta menciptakan hubungan penuh perhatian dengan tubuh kita.

Hatha yoga adalah istilah yang mengacu pada latihan apa pun dengan postur yoga yang umum kita temui di kelas yoga, seperti pose anjing menghadap ke bawah atau pose anak-anak.

Baca juga: Latihan Yoga Setiap Hari Selama Sebulan, Bagaimana Hasilnya?

Namun, jika kita mengikuti kelas yoga berlabel "Hatha", biasanya kita menemukan kelas tersebut mengutamakan yoga dengan menahan pose untuk waktu lama.

Menurut Neha Gothe, PhD, direktur Exercise Psychology Lab di University of Illinois,Urbana-Champaign, hatha yoga terdiri dari tiga praktik utama:

- Postur tubuh (asana)

- Teknik pernapasan (pranayama)

- Relaksasi dan meditasi (dyana)

Dalam kelas hatha yoga, kita akan belajar tentang berbagai cara mengendalikan napas atau cara duduk bermeditasi selain melakukan pose yoga.

" Yoga dimulai sebagai latihan spiritual, tetapi menjadi populer sebagai cara untuk meningkatkan kesehatan fisik dan mental," kata Gothe.

Yoga dapat membantu mengencangkan otot dan membuat kita lebih fleksibel, tetapi ada banyak manfaat lain yang bisa kita peroleh dari hatha yoga.

1. Memperkuat otot inti

Melakukan hatha yoga dapat membantu memperkuat otot inti kita, yang meliputi otot di perut, samping, panggul, dan punggung.

Otot inti memiliki fungsi penting bagi tubuh karena otot inti yang kuat dapat membantu mencegah nyeri punggung bawah, meningkatkan keseimbangan, dan mengurangi kemungkinan cedera otot.

Yoga juga bisa jadi pilihan yang baik untuk orang yang ingin memperkuat otot inti, namun tidak bisa melakukan latihan intensitas tinggi seperti lari atau angkat beban, seperti orang berusia lanjut atau mereka yang memiliki disabilitas tertentu, kata Gothe.

Hatha yoga memperkuat otot inti kita, karena memerlukan pose menahan dalam jangka waktu lama, yang mengaktifkan otot seperti perut dan bokong. Beberapa dari pose penguatan ini meliputi:

- Boat pose (pose perahu): Pose ini mengaktifkan otot perut bagian depan.

- Side plank: Side plank memperkuat otot dinding perut kita.

-Bridge pose (pose jembatan): Pose ini mengencangkan punggung dan bokong.

Baca juga: 5 Manfaat Yoga bagi Kesehatan Pria, Termasuk Atasi Ejakulasi Dini

Halaman Selanjutnya
Halaman:


25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X