Cerita Dirut Garuda Indonesia, Berat Badan Susut di Tengah Pandemi

Kompas.com - 10/08/2020, 15:45 WIB
Irfan Setiaputra, Dirut Garuda Indonesia VIA sigfox.idIrfan Setiaputra, Dirut Garuda Indonesia

KOMPAS.com – Salah satu orang yang mengalami penurunan berat badan saat pandemi Covid-19 adalah Direktur Utama Garuda Indonesia, Irfan Setiaputra.

“Banyak yang nanya saya diet apa. Saya jawab, kamu jadi Dirut Garuda sekarang deh, pasti kurusan.”

Begitu kata Irfan sambil tertawa dalam acara Webinar Sekolah Bisnis Manajemen Institut Teknologi Bandung (SBM ITB), Senin (10/8/2020).

Baca juga: Brompton Explore, Sepeda Mahal yang Sandung Dirut Garuda

Irfan menceritakan, salah satu indutri yang terkenda dampak sejak awal pandemi adalah penerbangan. Penurunan revenue-nya mencapai 90 persen.

Saat-saat sibuk seperti umrah, mudik, liburan sekolah Juni-Juli, bahkan haji yang biasanya mengantongi 250 juta dollar AS sekarang "nihil". 

“Ada implikasi langsung dari peak season."

"Suatu hari saya baca berita umrah dibatalkan. Seumur hidup saya, baru kali itu WhatsApp (ponsel) saya jatuh. I can’t believe it,” tutur Irfan dengan mata berkaca-kaca.

Ia lantas mengumpulkan karyawannya. Ucapan pertama yang ia sampaikan adalah jangan mengeluh.

“Dunia memang gelap buat kita, tapi jangan mengeluh. Mari kita lihat apa yang kita punya,” ucap Irfan mengenang ucapannya di awal pandemi.

Baca juga: Cerita Bos Garuda Indonesia Ajak Didiet Maulana Rancang Baju Pramugari

Irfan kemudian memutuskan untuk tetap terbang dengan mengurangi banyak frekuensi penerbangan.

Halaman:


25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X