Kompas.com - 10/08/2020, 19:09 WIB
Ilustrasi minyak zaitun dulezidarIlustrasi minyak zaitun
Editor Wisnubrata

KOMPAS.com - Kamu mungkin sudah pernah mendengar khasiat minyak zaitun untuk mengobati batu empedu.

Pengobatan batu empedu dengan minyak zaitun dipercaya dapat mengeluarkan batu empedu melalui feses atau tinja saat buang air besar. Di dalam dunia pengobatan alternatif, metode ini dianggap sangat efektif.

Namun perlu diketahui, pengobatan batu empedu dengan minyak zaitun berpotensi menimbulkan efek samping yang harus diwaspadai. Sebelum mencobanya, pahami dulu penjelasan ilmiah beserta efek samping yang berisiko muncul.

Pengobatan batu empedu dengan minyak zaitun, bagaimana caranya?

Pernah mendengar metode “gallbladder cleanse” alias pembersihan kantung empedu? Metode ini percaya bahwa beberapa makanan dapat membantu batu empedu keluar dari tubuh lewat feses saat buang air besar. Salah satu makanan yang dapat dicoba dalam metode ini adalah minyak zaitun.

Perlu dipahami, saat batu empedu sudah “membludak” di dalam kantung empedu, gejala nyeri atau mual akan datang, terutama jika saluran kantung empedu tersumbat.

Dokter biasanya akan merekomendasikan prosedur pengangkatan batu empedu lewat operasi.

Akan tetapi, tidak semua orang bersedia menjalani operasi. Mereka lebih memilih metode pembersihan kantung empedu dengan mengonsumsi berbagai macam makanan guna mengeluarkan batu empedu secara alami, salah satunya dengan minyak zaitun.

Dalam jurnal Alternative Medicine Review, terdapat dua cara pengobatan batu empedu dengan minyak zaitun yang bisa dicoba, yakni:

Jus lemon dan minyak zaitun

Halaman:


Sumber
Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X