Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 10/08/2020, 20:06 WIB
Wisnubrata

Editor

Sumber

KOMPAS.com - Paru-paru merupakan organ penting untuk manusia karena perannya dalam proses pernapasan. Apabila kamu ingin memulai gaya hidup sehat, ada beberapa cara menjaga kesehatan paru-paru yang sejatinya tidak sulit dan tidak ribet.

Dengan langkah yang sederhana, berikut ini cara menjaga kesehatan paru-paru dengan mudah dan tanpa ribet:

1. Mencuci tangan lebih sering

Walau terlihat sepele, mencuci tangan merupakan cara paling efektif untuk menghindari paparan virus dan bakteri, termasuk menurunkan risiko penularan virus corona penyebab Covid-19. Menjaga kebersihan tangan perlu dilakukan untuk mencegah infeksi terhadap paru-paru.

Pastikan mencuci tangan dengan tepat: basahi tangan dengan sabun, gosok telapak tangan, punggung tangan, di antara jari-jari, dan bawah kuku.

Tak usah terburu-buru, cucilah tangan selama 20 detik. Mudahnya, nyanyikan lagu "Happy Birthday" selama dua kali saat membersihkan tangan.

Baca juga: Mencuci Tangan Cegah Virus Corona, Berapa Lama Seharusnya?

2. Kurangi frekuensi memegang wajah

Selain mencuci tangan lebih sering, cara menjaga kesehatan paru-paru juga perlu dilakukan dengan mengurangi frekuensi memegang wajah. Hal ini perlu diterapkan juga untuk menurunkan paparan kuman yang mungkin saja ada di tangan kita.

3. Berhenti merokok

Rokok sama sekali tidak memberikan manfaat untuk diri kita. Tak hanya kanker paru-paru, rokok dikaitkan dengan kebanyakan penyakit paru-paru, seperti asma, fibrosis paru idiopatik, dan penyakit paru obstruktif kronis.

Setiap kita mengisap sebatang rokok, kita telah memasukkan beribu zat kimia ke paru-paru, misalnya nikotin, karbon monoksida, dan tar.

Kandungan ini merusak paru, membuat paru sulit ‘membersihkan diri’, dan mengiritasi jaringan paru-paru. Seiring berjalannya waktu, saluran pernapasan pun akan menyempit dan kita lebih sulit bernapas.

Bahaya rokok pun pun tak hanya berisiko untuk orang yang mengisapnya. Perokok pasif alias yang menghirup asapnya juga bisa dirugikan karena benda ini.

Baca juga: 5 Alasan Kamu Harus Berhenti Merokok Mulai Hari Ini

4. Berolahraga untuk melatih pernapasan

Olahraga tak hanya menjaga kesehatan tubuh secara umum dan mengendalikan berat badan. Aktivitas fisik pun secara spesifik dapat menjaga kesehatan paru-paru.

Halaman:
Sumber
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com