Kerja dari Rumah? Ini 5 Cara Bikin Atasan Terkesan

Kompas.com - 11/08/2020, 11:43 WIB
Ilustrasi SHUTTERSTOCKIlustrasi

KOMPAS.com - Bekerja dari rumah memiliki sisi positif dan negatif. Meski awalnya terdengar lebih efisien -bagi sebagian orang, namun ada beberapa kendala lainnya.

Psikolog yang berpraktik privat di Upper East Side, New York, Amerika Serikat, Dr. Marianna Strongin mengatakan, anonimitas bekerja dari rumah membuat banyak orang merasa dilupakan.

Seorang karyawan akan sulit mendapatkan perhatian dari atasan atau kliennya atas kerja keras yang sudah dilakukan, saat era pandemi seperti sekarang.

Baca juga: Cegah Corona dengan Kerja di Rumah, Ini 8 Tips Agar Tetap Produktif

Meskipun sebaliknya, kinerja karyawan yang rendah mungkin juga tidak akan terlalu disadari oleh atasannya ketika bekerja dari rumah.

"Di kantor, kita akan lebih mudah mengunjungi kubikel rekan kerja atau atasan, atau sebaliknya, untuk mengabarkan pencapaian atau komplain," kata CEO Managerine, Julia McKenna.

Kabar baiknya, ada banyak atasan yang juga tidak terbiasa dengan dinamika seperti saat ini, sehingga kita bisa mengubah gaya kerja untuk lebih menunjukkan nilai di mata atasan.

Bagaimana caranya?

1. Menemukan cara baru untuk merayakan pencapaian

Kuncinya adalah membangun cara baru untuk meningkatkan nilai diri tanpa terkesan terlalu berlebihan.

Konsultan transformasi strategi, Nicole Hudson menyarankan agar kita membuat atasan menyadari tugas-tugas apa yang sudah diselesaikan, dengan cara yang ringkas tetapi informatif.

Baca juga: Hobi Lanjut Kerja di Rumah Bikin Sulit Tidur Nyenyak

Halaman:


Sumber NYPost
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X