Kompas.com - 11/08/2020, 19:08 WIB

KOMPAS.com - Sneaker Air Jordan 1 x Dior merupakan salah satu produk eksklusif yang memiliki banyak peminat di seluruh dunia.

Kehebohan sepatu edisi terbatas ini pun sampai ke Indonesia.

Beberapa waktu lalu, sepatu ini terlihat dipasarkan di media sosial Instagram dengan banderol yang menyentuh angka Rp 200 juta.

Baca juga: Air Jordan 1 x Dior Masuk Indonesia, Harga Mencapai Rp 200 Juta?

Padahal, harga resmi sepatu Air Jordan 1 x Dior ada di kisaran Rp 29 juta - Rp 31 juta per pasang.

Akibat tingginya permintaan dan harga yang menggiurkan, ada saja spekulan yang berusaha menjual Air Jordan 1 x Dior palsu ke pasaran, seperti yang terjadi di Amerika Serikat.

Baru-baru ini, US Customs and Border Protection (CBP) di Dallas/Fort Worth mengumumkan penyitaan sneaker palsu jenis tersebut.

Disebutkan, muatan kapal yang sempat menuju Meksiko dari Hong Kong itu berisi 1.800 pasang Nike Air Jordan 1 x Dior palsu.

Baca juga: Peluncuran Sneaker Termahal Nike, Air Jordan I X Dior Terpaksa Ditunda

Selama ini, sepatu Air Jordan 1 x Dior dijual kembali dengan harga lebih mahal dari harga ritel-nya. 

Patokan harga di StockX, sepatu ini ditawarkan di kisaran harga 10.000 dollar AS  atau kira-kira Rp 140 juta per pasang.

Baca juga: Akhirnya! Sepatu Air Jordan 1 x Dior Resmi Hadir

Namun CBP menyatakan, karena kualitas pengerjaan sepatu itu buruk, pengemasan salah, dan pengalaman sebelumnya dengan produk serupa, maka pengiriman barang itu dapat dipergoki.

Selain Air Jordan 1 x Dior, muatan kapal tersebut pun berisi beberapa varian sneaker palsu lain dari produk Nike dan Adidas.  

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.