Gula Darah Tinggi Pengaruhi Performa Saat Berolahraga

Kompas.com - 13/08/2020, 10:08 WIB
Ilustrasi ThinkstockphotosIlustrasi

KOMPAS.com - Hiperglikemia, atau gula darah yang tinggi terkait erat dengan masalah kesehatan yang serius seperti diabetes dan penyakit kardiovaskular.

Kadar gula darah yang terus menerus tinggi tidak hanya memengaruhi kerja hormon, tapi juga performa kita saat berolahraga.

Dalam penelitian terbaru diketahui, gula darah yang tinggi dapat menyebabkan konsumsi oksigen menjadi rendah ketika kita melakukan olahraga aerobik. Ini berarti hiperglikemia juga mencegah pertumbuhan otot sebagai respon terhadap latihan olahraga.

Sesi latihan aerobik yang berulang biasanya menyebabkan serat otot kita meningkatkan jumlah oksigen dan pasokan glikogen yang digunakan untuk membangun otot kembali.

Studi menunjukkan, gula darah tinggi mencegah pergeseran pada tingkat serat otot, sehingga respon kita terhadap olahraga akan lebih terbatas.

Baca juga: Stres Bisa Bikin Gula Darah Meningkat

Peneliti menambahkan, perubahan terkait hiperglikemia akan menumpulkan performa olahraga dari waktu ke waktu. Efeknya tubuh jadi gampang lelah ketika berolahraga.

"Penelitian ini menunjukkan memiliki kadar gula darah tinggi secara konsisten, baik karena faktor makanan atau penyakit metabolik, dapat mengganggu kemampuan kita untuk meningkatkan level kebugaran dengan latihan aerobik."

Demikian kata Sarah Lessard, Ph.D., co-author studi dan asisten profesor kedokteran di Harvard Medical School, kepada Runner's World.

Kadar gula darah yang sangat tinggi selama beberapa minggu dan bulan dapat mengubah cara otot kita merespon olahraga dan mencegah perubahan positif yang terjadi pada otot dengan latihan aerobik teratur.

Satu catatan penting, kata Lessard, konsumsi karbohidrat atau gula selama atau setelah olahraga bukan menjadi masalah.

Baca juga: Cara Mencegah Kram Otot Saat Bersepeda

Ilustrasi perempuan berototShutterstock Ilustrasi perempuan berotot

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X