Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 13/08/2020, 19:26 WIB
Glori K. Wadrianto

Editor

KOMPAS.com - Brand sepeda lipat buatan tangan asal Inggris Brompton segera meluncurkan layanan berlangganan yang memungkinkan konsumen menyewa sepeda secara bulanan atau tahunan.

Layanan berlangganan yang bakal diresmikan bulan depan ini muncul karena permintaan sepeda yang sangat melonjak selama masa pandemi Covid-19.

Laman the Guardian melaporkan, tingkat penggunaan sepeda di Inggris melonjak hingga 300 persen dalam beberapa hari terakhir.

Baca juga: Jangan Salah Pilih, Kenali Dulu Berbagai Versi Sepeda Brompton

Data tersebut dikutip dari Departemen Transportasi Inggris.

Lonjakan peminat diduga terjadi karena banyak orang berusaha menghindari transportasi umum seiring dengan pandemi Covid-19 yang belum berakhir.

Dalam program ini, untuk berlangganan sepeda Brompton M3L, konsumen dikenai tarif 30 poundsterling per bulan, atau kira-kira 1 poundsterling sehari, untuk komitmen selama 12 bulan. 

Jika harga tersebut dikonversi ke dalam rupiah, maka kira-kira Rp 581.000 per bulan, atau Rp 19.000 sehari.

Lalu, jika konsumen menghendaki kontrak bergulir selama 12 bulan, mereka akan dikenai tarif 42 poundsterling atau kira-kira Rp 815.000 per bulan.

Kontrak bergulir ini maksudnya adalah, konsumen hanya menyewa sepeda di bulan-bulan tertentu, -misalnya musim panas saja.

Biaya asuransi, perbaikan, dan servis dua kali setahun sudah termasuk dalam biaya berlangganan tersebut.

Adapun, varian M3L adalah Brompton seri menengah yang dilengkapi dengan fitur tiga percepatan (speed) internal, dan hanya memiliki spakbor, tanpa rak belakang.

Baca juga: Heboh, Brompton Inggris Buru 1 Sepeda Curian yang Dijual di Indonesia

Di Inggris varian M3L dibanderol sekitar 1.000 poundsterling atau kira-kira Rp 19,3 juta per buah. 

Sebelum program ini, Brompton sudah memiliki "Brompton Bike Hire" -layanan sewa sepeda yang memungkinkan konsumen menggunakan Brompton seharian, seharga 6,5 poundsterling, atau sekitar Rp 126.000.

Jika konsumen ingin menyewa selama setahun, biaya annual-nya 25 pounsterling atau kira-kira Rp 484.000, dan sewa hariannya menjadi 3,5 poundsterling atau sekitar Rp 68.000.

Julian Scriven, Direktur Pelaksana Brompton Bike Hire, memberikan penjelasan lebih dalam mengenai program berlangganan Brompton kali ini.

Baca juga: Brompton Menangi Sengketa Hak Cipta Lawan Brand Seli Korsel Get2Get

Halaman:
Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com