Onitsuka Tiger Rilis Ulang Sepatu Marathon dari Tahun 1974

Kompas.com - 14/08/2020, 06:06 WIB
Onitsuka Tiger Ohbori EX Onitsuka TigerOnitsuka Tiger Ohbori EX
Editor Wisnubrata

KOMPAS.com - Pada tahun 1974, Onitsuka Tiger memperkenalkan sepatu lari marathon, yang untuk pertama kalinya menggunakan midsole berbahan EVA (ethel vinyl acetate).

Sepatu yang diberi nama Ohbori tersebut menjadi salah satu pencapaian pada saat itu karena bahan EVA lebih ringan dibanding material berbahan karet yang biasa dipakai sebagai bantalan sepatu.

Selain itu EVA juga menjadi bantalan yang lebih baik untuk melindungi kaki dari hentakan saat berlari. Karenanya bantalan ini kemudian juga digunakan oleh berbagai brand sepatu di seluruh dunia.

Onitsuka Tiger Ohbori EXOnitsuka Tiger Onitsuka Tiger Ohbori EX
Sepatu Ohbori sendiri kemudian dipakai salah satu atlet yang meraih medali emas. Nama Ohbori pun disematkan dengan mengambil nama Taman Ohori di daerah Fukuoka, Jepang.

Setelah bertahun-tahun berlalu, kini brand sepatu asal Jepang itu merilis versi baru Ohbori, yaitu Ohbori EX.

Sepatu yang dirilis bulan Agustus ini masih mempertahankan bentuk serupa dengan aslinya, namun diberi sentuhan modern terutama di bagian sol.

Midsole Ohbori EX ditingkatkan kenyamanannya menggunakan FuzeGEL, sementara outsole-nya menggunakan bentuk berlapis lebih tebal untuk memberi kenyamanan sebagai sepatu sehari-hari.

 
 
 
View this post on Instagram
 
 

. OHBORI EX MAKO BLUE×TIGER YELLOW #OnitsukaTiger #OHBORIEX #????????

A post shared by Onitsuka Tiger Japan (@onitsukatigerjp) on Aug 13, 2020 at 2:51am PDT

Ciri khas sepatu Ohbori, yakni bagian depan yang sedikit meruncing, tetap dipertahankan sehingga memberi kesan retro seperti sepatu Onitsuka Tiger lain yang dirilis ulang.

Ohbori EX direncanakan baru akan dijual di toko resmi Onitsuka Tiger di Indonesia pada bulan September 2020. Jadi sabar ya..



25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X