Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Onitsuka Tiger Rilis Ulang Sepatu Marathon dari Tahun 1974

Kompas.com - 14/08/2020, 06:06 WIB
Wisnubrata

Editor

KOMPAS.com - Pada tahun 1974, Onitsuka Tiger memperkenalkan sepatu lari marathon, yang untuk pertama kalinya menggunakan midsole berbahan EVA (ethel vinyl acetate).

Sepatu yang diberi nama Ohbori tersebut menjadi salah satu pencapaian pada saat itu karena bahan EVA lebih ringan dibanding material berbahan karet yang biasa dipakai sebagai bantalan sepatu.

Selain itu EVA juga menjadi bantalan yang lebih baik untuk melindungi kaki dari hentakan saat berlari. Karenanya bantalan ini kemudian juga digunakan oleh berbagai brand sepatu di seluruh dunia.

Onitsuka Tiger Ohbori EXOnitsuka Tiger Onitsuka Tiger Ohbori EX
Sepatu Ohbori sendiri kemudian dipakai salah satu atlet yang meraih medali emas. Nama Ohbori pun disematkan dengan mengambil nama Taman Ohori di daerah Fukuoka, Jepang.

Setelah bertahun-tahun berlalu, kini brand sepatu asal Jepang itu merilis versi baru Ohbori, yaitu Ohbori EX.

Sepatu yang dirilis bulan Agustus ini masih mempertahankan bentuk serupa dengan aslinya, namun diberi sentuhan modern terutama di bagian sol.

Midsole Ohbori EX ditingkatkan kenyamanannya menggunakan FuzeGEL, sementara outsole-nya menggunakan bentuk berlapis lebih tebal untuk memberi kenyamanan sebagai sepatu sehari-hari.

 
 
 
View this post on Instagram
 
 

. OHBORI EX MAKO BLUE×TIGER YELLOW #OnitsukaTiger #OHBORIEX #????????

A post shared by Onitsuka Tiger Japan (@onitsukatigerjp) on Aug 13, 2020 at 2:51am PDT

Ciri khas sepatu Ohbori, yakni bagian depan yang sedikit meruncing, tetap dipertahankan sehingga memberi kesan retro seperti sepatu Onitsuka Tiger lain yang dirilis ulang.

Ohbori EX direncanakan baru akan dijual di toko resmi Onitsuka Tiger di Indonesia pada bulan September 2020. Jadi sabar ya..

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com