Kompas.com - 15/08/2020, 10:28 WIB
Nike Air Jordan 1 1985 Nike Air Jordan 1 1985
|
Editor Wisnubrata

KOMPAS.com - Segala hal yang menyangkut legenda hidup NBA, Michael Jordan, selalu menarik untuk disimak.

Salah satunya adalah Nike Air Jordan 1 "Chicago", sepatu yang sempat dipakai oleh Jordan saat ia melakukan dunk hingga menghancurkan ring basket (backboard) di pertandingan pramusim di Italia.

Sepatu itu dikabarkan terjual di pelelangan seharga 615.000 dollar AS atau sekitar Rp 9 miliar. Angka penawaran tersebut memecahkan rekor dunia yang dibayarkan untuk sepasang sneaker.

Di bulan Agustus 1985, usai memenangkan penghargaan Rookie of the Year, Michael Jordan diundang untuk berpartisipasi dalam pertandingan eksibisi yang disponsori Nike di Trieste, Italia.

Pemain berjuluk MJ tersebut akhirnya mencetak 30 poin, namun momen yang mengesankan adalah saat Jordan menghancurkan ring basket atau backboard dengan terbang tinggi dan melakukan salah satu dunk yang jadi ciri khasnya.

Nike Air Jordan 1 "Chicago" yang dilelang inilah yang dipakai Jordan kala itu, dan masih terdapat sepotong kaca yang tersangkut di outsole sepatu sebelah kiri.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Pada tahun 2015, Nike memberi penghormatan pada momen itu dengan merilis Nike Air Jordan 1 "Shattered Backboard" dalam corak warna hitam dan jingga.

Kombinasi warna tersebut terinspirasi oleh corak warna seragam Trieste dan kini telah dirilis dalam empat varian berbeda.

Sebelumnya, di bulan Mei, sepasang sepatu game-worn Nike Air Jordan 1 "Chicago" terjual seharga 560.000 dollar AS atau setara Rp 8,3 miliar.

Angka penjualan itu melebihi prediksi pra-lelang, yakni sebesar 150.000 dollar AS atau sekitar Rp 2,2 miliar dan mencatatkan rekor sebagai sneaker termahal yang terjual di lelang.

Namun, rekor tersebut berhasil dipecahkan dengan sepatu yang sama. Hanya saja, Air Jordan 1 "Chicago" yang dipakai Jordan di tahun 1985 memiliki cerita istimewa, apa lagi kalau bukan serpihan kaca yang bersarang di outsole sepatu tersebut.

Baca juga: Fantastis, Sepatu Nike Air Jordan Pertama Michael Jordan Laku Rp 8,3 M


Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.