Peneliti Sebut Extra Virgin Olive Oil Bantu Turunkan Tekanan Darah

Kompas.com - 15/08/2020, 12:58 WIB
Ilustrasi minyak zaitun dulezidarIlustrasi minyak zaitun

KOMPAS.com - Minyak zaitun extra virgin atau extra virgin olive oil (EVOO) sering disebut dapat menyehatkan jantung kita.

Namun, studi terbaru yang diterbitkan di jurnal Nutrients mengungkap, jenis minyak zaitun yang kita konsumsi juga berpengaruh.

Ada tiga kualitas utama minyak zaitun, yaitu refined, virgin, dan extra virgin. Extra virgin olive oil adalah jenis yang paling sedikit diproses, dan cenderung memiliki senyawa polifenol lebih tinggi.

Baca juga: Kenali, Manfaat Minyak Zaitun untuk Merawat Kuku

Senyawa polifenol merupakan mikronutrien dengan sifat antioksidan.

Untuk mengetahui apakah polifenol dapat memengaruhi fungsi kardiovaskular seperti tekanan darah dan kekakuan arteri, peneliti dari Australia meneliti 50 peserta dengan usia rata-rata 38 tahun.

Peneliti meminta peserta mengonsumsi 60 ml extra virgin olive oil dengan kandungan polifenol tinggi dan polifenol rendah selama tiga minggu.

Kemudian, mereka mengambil jeda dua minggu dan beralih mengonsumsi extra virgin olive oil jenis lain selama tiga minggu.

Para peneliti menemukan, penurunan signifikan pada tekanan darah sistolik dengan konsumsi polifenol yang lebih tinggi.

Tekanan darah sistolik adalah angka teratas pada pembacaan tekanan darah yang menunjukkan seberapa besar tekanan darah kita terhadap dinding arteri saat jantung berdetak.

Tekanan darah sistolik dianggap lebih penting ketika melihat faktor risiko penyakit kardiovaskular, terutama bagi orang berusia di atas 50 tahun karena jumlahnya cenderung meningkat seiring bertambahnya usia, di mana arteri menjadi kaku.

Semakin rendah angkanya (antara 90-120 mmHg), semakin sehat jantung kita.

Untuk tekanan darah diastolik (angka terbawah pada pembacaan tekanan darah) atau kekakuan arteri tidak terpengaruh, tetapi hasil dari tekanan darah sistolik cukup menjanjikan, kata para peneliti.

Mereka menyatakan, penelitian ini memberikan bukti bahwa pola makan yang menyertakan extra virgin olive oil dapat mencegah penyakit kardiovaskular pada populasi multietnis.

Baca juga: Apakah Batu Empedu Bisa Diobati dengan Minyak Zaitun?

Halaman:


25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X