Cara Tradisional Menurunkan Berat Badan dengan Bahan Dapur

Kompas.com - 15/08/2020, 13:37 WIB
Ilustrasi mengukur lingkar perut. ShutterstockIlustrasi mengukur lingkar perut.
Editor Wisnubrata

KOMPAS.com - Banyak orang mendambakan tubuh yang lebih langsing dan sehat, namun tidak ingin menggunakan obat-obatan.

Jika kamu termasuk di antaranya, ada cara tradisional yang bisa membantu menurunkan berat badan yaitu dengan berbagai macam rempah-rempah.

Namun supaya tidak mengonsumsinya secara asal-asalan, ada baiknya kita pahami dulu penjelasan ilmiah mengenai rempah-rempah yang bisa digunakan sebagai cara tradisional menurunkan berat badan.

Apa sajakah rempah-rempahan yang bisa membantu meraih berat badan ideal?

1. Fenugreek

Ilustrasi fenugreek atau kelabatshutterstock Ilustrasi fenugreek atau kelabat
Fenugreek atau di Indonesia dikenal sebaga kelabat, adalah rempah-rempah yang sering ditemukan di dapur. Ia dipetik dari tumbuhan Trigonella foenum-graecum.

Sebuah penelitian berskala kecil membuktikan bahwa mengonsumsi ekstrak biji fenugreek dapat menurunkan asupan lemak hingga 17%, dibandingkan dengan obat plasebo. Hal ini menyebabkan turunnya porsi kalori yang kita konsumsi.

Baca juga: 7 Jenis Rempah Ini Bisa Membantu Menurunkan Berat Badan

2. Cabe rawit

Ilustrasi cabai rawit. SHUTTERSTOCK/ADIE.FOODTOGRAPHY Ilustrasi cabai rawit.
Bagi pencinta pedas yang suka makan cabe rawit, ada kabar baik. Bumbu dapur yang sering digunakan untuk membuat cita rasa masakan lebih “menggigit” ini ternyata bisa membantu menurunkan berat badan.

Beberapa riset menemukan, komponen capsaicin yang dikandung cabe rawit dapat meningkatkan metabolisme, sehingga jumlah kalori yang dibakar tubuh menjadi lebih banyak.

Baca juga: 3 Cara Hilangkan Rasa Panas di Tangan Setelah Mengolah Cabai

Halaman Selanjutnya
Halaman:


Sumber
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X