Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 15/08/2020, 15:36 WIB
Wisnubrata

Editor

Sumber

KOMPAS.com - Beberapa saat lalu banyak netizen membagikan foto mereka yang telah di-edit dengan aplikasi yang membuat wajah terlihat jauh lebih tua, sehingga wajah menjadi berkeriput.

Untunglah itu sekedar aplikasi dan bukan kondisi sebenarnya. Tapi, kamu harus tahu, bila tidak ingin wajah lekas keriput ada kebiasaan yang harus kamu hindari.

Pasalnya banyak kebiasaan kecil yang mungkin sering dilakukan sehari-hari, ternyata membuat kulit kita, terutama wajah, menjadi lebih cepat tampak tua.

Beberapa kebiasaan kecil seperti mengerutkan bibir saat menggunakan sedotan, atau sering menggosok mata, menjadi contoh kegiatan yang menimbulkan kerutan di wajah.

Kebiasaan tersebut memang terlihat sepele. Namun jika dibiarkan bertahun-tahun, bukan tak mungkin, kulit wajah bisa lebih cepat tua, dibandingkan rekan seusia.

Berikut ini beberapa kebiasaan kecil yang memicu penuaan dini pada wajah.

Tidak menggunakan tabir surya yang menangkal UVB

Tabir surya atau sunscreen dapat membantu beberapa masalah kulit, seperti mencegah rasa terbakar pada kulit (sunburn), kanker kulit, serta tentu saja menangkal penuaan dini. Walau begitu, kita harus jeli dalam membeli tabir surya, karena tak semuanya dapat melindungi kulit dari pernuaan.

Sunscreen yang ideal harus melindungi kulit dari UVA dan UVB. Meski keduanya bisa sama-sama merusak kulit, cahaya ultra violet A-lah yang menjadi penyebab kulit menjadi cepat tua.

Oleh karena itu, pilihlah tabir surya dengan label ‘broad spectrum’, yang berarti dapat menangkal UVA dan UVB.

Kamu juga disarankan untuk memilih tabir surya yang memiliki kandungan SPF minimal 30. Aplikasikan tabir surya ini setiap dua jam sekali, termasuk saat berada di dalam ruangan.

Baca juga: Agar Kulit Sehat Perlu Berapa Banyak Memakai Tabir Surya?

Badan terlalu kurus

Tidak hanya kondisi obesitas yang berefek negatif. Terlalu kurus juga tidak sehat, termasuk membuat kulit menjadi lebih cepat tua. Kekurangan lemak di wajah, memicu kulit kendur pada bagian ini, serta membuat penampilan terlihat lebih tua.

Jika kamu terlalu kurus, diet sehat dan makan yang cukup, menjadi cara untuk mengatasi hal ini. Konsumsilah nutrisi seperti omega-3, yang banyak terkandung di ikan untuk melawan kerutan. Selain itu, disarankan untuk rajin mengonsumsi vitamin C, yang dapat meningkatkan produksi kolagen.

Baca juga: Anoreksia, Hasrat Berlebihan untuk Kurus

Sering menggosok mata

Halaman:
Sumber
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com