Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 15/08/2020, 21:36 WIB
Gading Perkasa,
Bestari Kumala Dewi

Tim Redaksi

Sumber Hypebeast

KOMPAS.com - Koleksi Louis Vuitton untuk Spring/Summer 2021 awalnya dinilai sebagai bentuk kreativitas yang dilakukan oleh sang perancang busana, Virgil Abloh di tengah pandemi Covid-19.

Akan tetapi, koleksi yang ia pamerkan justru menghebohkan dunia maya. Pasalnya, anggota Antwerp Six, Walter Van Beirendonck mengecam Louis Vuitton dan Abloh karena dianggap menjiplak atau meniru karyanya.

Antwerp Six adalah sekelompok perancang busana yang lulus dari Royal Academy of Fine Arts di Antwerp, Belgia, pada tahun 1980-1981.

Baca juga: Dennis Rodman Terima Sepatu Spesial dari Virgil Abloh, Apa Saja?

Van Beirendonck dan penggemarnya mengklaim, unsur yang dipresentasikan oleh Louis Vuitton untuk Spring/Summer 2021 sama seperti koleksi Walter Van Beirendonck untuk Fall/Winter di tahun 2016 dan 2018.

Beberapa orang yang jeli melihat kesamaan antara koleksi Abloh dengan koleksi Van Beirendonck, khususnya pada inflatable jacket dan teknik menjahit jaket tanpa lapisan dalam (deconstructed tailoring).

"Virgil melakukannya lagi. Tidak hanya meniru, ia memakai dunia, ide, warna, signature, potongan, dan bentuk milik saya sebagai koleksinya."

Begitu kata Van Beirendonck kepada Hypebeast pada 7 Agustus, satu hari setelah koleksi Louis Vuitton Spring/Summer 2021 dipamerkan.

"Dia digaji besar untuk menjadi direktur artistik dan dia memiliki kemungkinan tak terbatas untuk bekerja dengan siapa pun, dia bisa saja meminta saya berkolaborasi. Katakan pada Vuitton untuk menghubungi pencipta aslinya."

Baca juga: Virgil Abloh Beri Beasiswa Rp 14 Miliar untuk Kreator Berkulit Hitam

Halaman:
Sumber Hypebeast
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com