Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Terobosan Layanan Gawat Darurat secara Online pada Masa Pandemi

Kompas.com - 17/08/2020, 10:48 WIB
Lusia Kus Anna

Editor

KOMPAS.com – Tindakan yang cepat dan tepat saat ada kedaruratan medis dapat menyelamatkan nyawa seseorang. Namun, kendala jarak dan waktu sering kali jadi penghambat untuk mendapat layanan kesehatan di rumah sakit.

Memanfaatkan kemajuan teknologi digital, RS Premier Jatinegara meluncurkan layanan Akses Cepat Gawat Darurat berbasis konsultasi online, yang disebut dengan layanan “Tele-Emergency”.

Layanan yang diluncurkan bertepatan dengan Hari Kemerdekaan ke-75 Indonesia ini diharapkan bisa memberi kemudahan akses bagi pasien gawat darurat

CEO RS Premier Jatinegara, Dr Sri Wuryati Handayani, mengatakan, kehadiran layanan darurat di masa pandemi sangat penting.

“Tele konsultasi emergency ini merupakan sarana komunikasi yang menjadi jembatan bagi dokter dan tenaga medis dalam melayani pasien secara real-time,” kata Sri dalam siaran pers.

Baca juga: Mahasiswa UI Rancang Kapal Ambulans Bantu Pasien Covid-19 di Pulau Terpencil

Lewat aplikasi berbasis video, masyarakat yang butuh bantuan medis darurat kapan saja dan di mana saja bisa menghubungi hotline emergency RS Premier Jatinegara di nomor 0811-1301-0048 yang terhubung langsung dengan tim gawat darurat dan dokter.

Layanan ini tersedia selama 24 jam, termasuk menyediakan penjemputan ambulans bagi pasien yang perlu segera dibawa ke rumah sakit.

“Bila situasi darurat yang dialami pasien sudah dapat diatasi tanpa memerlukan bantuan ambulans, tim dari RS Premier Jatinegara siap mengantarkan obat ke rumah pasien,” papar Sri.

Ditambahkan oleh Operation Manager RS Premier Jatinegara, dr Levina Avissa, tele-emergency juga bisa diakses oleh pasien yang berada di luar kota.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com