Kompas.com - 17/08/2020, 10:48 WIB
Ilustrasi kondisi gawat darurat medis. ShutterstockIlustrasi kondisi gawat darurat medis.

KOMPAS.com – Tindakan yang cepat dan tepat saat ada kedaruratan medis dapat menyelamatkan nyawa seseorang. Namun, kendala jarak dan waktu sering kali jadi penghambat untuk mendapat layanan kesehatan di rumah sakit.

Memanfaatkan kemajuan teknologi digital, RS Premier Jatinegara meluncurkan layanan Akses Cepat Gawat Darurat berbasis konsultasi online, yang disebut dengan layanan “Tele-Emergency”.

Layanan yang diluncurkan bertepatan dengan Hari Kemerdekaan ke-75 Indonesia ini diharapkan bisa memberi kemudahan akses bagi pasien gawat darurat

CEO RS Premier Jatinegara, Dr Sri Wuryati Handayani, mengatakan, kehadiran layanan darurat di masa pandemi sangat penting.

“Tele konsultasi emergency ini merupakan sarana komunikasi yang menjadi jembatan bagi dokter dan tenaga medis dalam melayani pasien secara real-time,” kata Sri dalam siaran pers.

Baca juga: Mahasiswa UI Rancang Kapal Ambulans Bantu Pasien Covid-19 di Pulau Terpencil

Lewat aplikasi berbasis video, masyarakat yang butuh bantuan medis darurat kapan saja dan di mana saja bisa menghubungi hotline emergency RS Premier Jatinegara di nomor 0811-1301-0048 yang terhubung langsung dengan tim gawat darurat dan dokter.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Layanan ini tersedia selama 24 jam, termasuk menyediakan penjemputan ambulans bagi pasien yang perlu segera dibawa ke rumah sakit.

“Bila situasi darurat yang dialami pasien sudah dapat diatasi tanpa memerlukan bantuan ambulans, tim dari RS Premier Jatinegara siap mengantarkan obat ke rumah pasien,” papar Sri.

Ditambahkan oleh Operation Manager RS Premier Jatinegara, dr Levina Avissa, tele-emergency juga bisa diakses oleh pasien yang berada di luar kota.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.