Kompas.com - 18/08/2020, 08:39 WIB
Para gamers memiliki caranya sendiri dalam memeringati HUT RI. Seperti yang dilakukan para gamers yang kerap memainkan Final Fantasy XIV.  Dok SURYA ANUGERAHPara gamers memiliki caranya sendiri dalam memeringati HUT RI. Seperti yang dilakukan para gamers yang kerap memainkan Final Fantasy XIV.

BANDUNG, KOMPAS.com – Ada beragam cara masyarakat dalam memeringati HUT ke-75 Kemerdekaan RI. Beberapa di antaranya sangat unik, seperti yang dilakukan warga Bandung, Surya Anugerah.

Ia bersama teman-teman gamersnya mengadakan upacara bendera dalam permainan online Final Fantasy XIV.

“Kemungkinan diikuti puluhan orang. Karena masih ada yang bekerja, upacaranya digelar nanti malam jam 20 WIB,” ujar Surya kepada Kompas.com di Bandung, Senin (17/8/2020).

Surya menjelaskan, setiap tahun, upacara bendera ini rutin dilakukan. Namun ia sendiri baru bisa berpartisipasi pada peringatan HUT RI tahun ini.

Jadi, bagi Surya, upacara bendera di dalam games adalah pengalaman pertamanya bagi dia. Nantinya lokasi games di-setting seperti untuk upacara bendera.

Ada lokasi yang di-setting menjadi lapangan, tiang dan bendera merah putih, pemimpin dan petugas upacara, serta kelengkapan lainnya. Semua dalam permainan di settingan games Final Fantasy XIV.

“Upacara ini diikuti oleh orang-orang yang biasa main games Final Fantasy XIV. Bagi yang tertarik nanti tinggal daftar aja ke komunitasnya,” ungkap dia.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Surya mengatakan, permainan ini memiliki komunitas yang solid. Lewat permainan ini, dirinya mendapat teman hingga link baru.

Untuk bergabung memainkan Final Fantasy XIV, seseorang harus membayar Rp 400.000 per 60 hari. Sebab games ini termasuk yang berbayar.

“Ada game time card dari AS dan Eropa. Kalau untuk yang Eropa Rp 400.000 per 60 hari,” tuturnya.

Secara tidak langsung, game ini menciptakan komunitas-komunitas yang dipimpin oleh satu orang. Mereka berkomunikasi saat permainan berlangsung membentuk strategi mengalahkan musuh.

Di luar permainan, mereka pun masih berkomunikasi dalam grup chat. Kelompoknya sendiri terdiri dari 140 orang. Namun yang aktif main sekitar 30-40 orang.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.