Kompas.com - 18/08/2020, 11:06 WIB
. SHUTTERSTOCK.

KOMPAS.com – Gara-gara pandemi Covid-19, saat ini mayoritas orang melengkapi dirinya dengan pembunuh kuman di mana pun berada. Terutama hand sanitizer atau cairan pembersih tangan yang selalu tersedia di mana-mana, termasuk di dalam mobil.

Walau begitu, apakah aman meninggalkan hand sanitizer di dalam mobil yang terparkir dan kepanasan?

Secara umum memang aman, tidak akan meledak. Banyak orang mengira karena memiliki kandungan alkohol 60-80 persen, maka wadah hand sanitizer bisa meledak. Hal itu mungkin saja jika suhu di dalam mobil mencapai 371 derajat celcius!

Kendati begitu, meninggalkan cairan pencuci tangan di dalam mobil akan membuatnya kurang efektif.

Paparan sinar matahari dan panas dapat membuat alkohol dalam produk hand sanitizer menguap. Efeknya, kadar alkoholnya berkurang dan cairan pencuci tangan jadi kurang efektif untuk membunuh kuman di tangan seperti seharusnya.

Sering mencuci tangan ketika kita berada di tempat umum sangat dianjurkan selama pandemic ini. Karenanya, sebaiknya simpan botol hand sanitizer di dalam tas agar tersedia kapan pun kita membutuhkannya.

Bila ingin meninggalkannya di mobil, simpan dalam tempat yang tidak terpapar sinar matahari langsung dan pastikan tertutup rapat. Namun, ganti hand santizier secara berkala karena makin sering ditinggalkan dalam mobil, makin berkurang efektivitasnya.

Baca juga: Minum Cairan Hand Sanitizer Sebabkan Kebutaan dan Kematian



Sumber WebMD
Rekomendasi untuk anda
RECIPES
SUP PANGSIT
SUP PANGSIT
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X