Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Menjaga Pernikahan Tetap Harmonis Usai Fase Bulan Madu

Kompas.com - 18/08/2020, 15:54 WIB
Nabilla Tashandra,
Lusia Kus Anna

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Fase bulan madu merupakan momen yang paling membahagiakan dan romantis bagi pasangan yang baru menikah. Fase ini biasanya bertahan selama enam bulan hingga satu tahun hubungan.

Tetapi, selepas bulan madu, kehidupan yang sebenarnya pun dimulai. Sebagian orang mungkin mulai menunjukkan sifat aslinya atau masing-masing menemukan perbedaan dalam pola pikir terhadap suatu topik.

Namun, menurut para pakar hal ini ternyata normal dan bukan berarti tanda hilangnya cinta dalam hubungan. Jangan langsung menganggap tidak cocok dengan pasangan. Jika hal-hal negatif terus dipelihara, tentunya hal itu dapat berujung pada kerusakan hubungan pernikahan.

Orang perlu bekerja lebih untuk membuat hubungannya terus harmonis dan sehat bersama pasangan.

Berikut lima cara yang bisa dilakukan untuk membuat hubungan tetap menyenangkan setelah fase bulan madu berakhir, seperti dilansir www.pinkvilla.com.

Baca juga: Tahun Pertama Pernikahan Jadi Momen Terberat, Apa Alasannya?

1. Menghabiskan waktu berkualitas bersama

Tak peduli seberapa sibuk Anda dan pasangan, cobalah luangkan waktu bersama setidaknya sekali dalam seminggu atau setiap memiliki waktu luang. Hal ini penting untuk menjaga keharmonisan hubungan pernikahan. Seringkali karena kesibukan suami dan istri hanya berbicara singkat ketika akan tidur.

2. Komunikatif

Cobalah untuk setiap saat menjadi pribadi yang saling komunikatif bersama pasangan. Cara ini akan membuat Anda dan pasangan selalu terhubung. Biasakan untuk berdiskusi sehat, di mana kalian bisa bicara tentang apapun. Jadilah pribadi uanh terbuka dan jujur satu sama lain.

Baca juga: Berapa Usia Ideal Menikah?

3. Mencoba aktivitas baru

Untuk mengusir rasa bosan, meluangkan waktu untuk mencoba hal-hal baru akan membuat memori menyenangkan baru untuk dirayakan. Bereksplorasi dengan hal baru akan memberikan kesempatan untuk Anda dan pasangan keluar dari zona nyaman. Di samping itu, aktivitas baru juga bisa membuat kalian mengenal satu sama lain dengan cara berbeda.

Ilustrasi menikahShutterstock Ilustrasi menikah

4. Saling memotivasi

Sebagai pasangan tentu penting untuk saling mendukung dan memotivasi untuk meraih targer dalam hidup. Dengan cara ini, pasutri bisa mendiskusikan rencana dan mimpi bersama sekaligus melihat satu sama lain dengan cara yang berbeda.

5. Memberi afirmasi positif

Berikan satu sama lain kata-kata positif yang memberikan semangat. Cobalah membawa lebih banyak hal positif ke dalam hubungan karena hal-hal negatif akan menciptakan hubungan yang beracun. Berikan pujian untuk mendukung satu sama lain dengan segala cara.

Baca juga: Yang Bisa Dilakukan untuk Tingkatkan Kualitas Pernikahan


Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com