Menjaga Pernikahan Tetap Harmonis Usai Fase Bulan Madu

Kompas.com - 18/08/2020, 15:54 WIB
Ilustrasi ShutterstockIlustrasi

KOMPAS.com - Fase bulan madu merupakan momen yang paling membahagiakan dan romantis bagi pasangan yang baru menikah. Fase ini biasanya bertahan selama enam bulan hingga satu tahun hubungan.

Tetapi, selepas bulan madu, kehidupan yang sebenarnya pun dimulai. Sebagian orang mungkin mulai menunjukkan sifat aslinya atau masing-masing menemukan perbedaan dalam pola pikir terhadap suatu topik.

Namun, menurut para pakar hal ini ternyata normal dan bukan berarti tanda hilangnya cinta dalam hubungan. Jangan langsung menganggap tidak cocok dengan pasangan. Jika hal-hal negatif terus dipelihara, tentunya hal itu dapat berujung pada kerusakan hubungan pernikahan.

Orang perlu bekerja lebih untuk membuat hubungannya terus harmonis dan sehat bersama pasangan.

Berikut lima cara yang bisa dilakukan untuk membuat hubungan tetap menyenangkan setelah fase bulan madu berakhir, seperti dilansir www.pinkvilla.com.

Baca juga: Tahun Pertama Pernikahan Jadi Momen Terberat, Apa Alasannya?

1. Menghabiskan waktu berkualitas bersama

Tak peduli seberapa sibuk Anda dan pasangan, cobalah luangkan waktu bersama setidaknya sekali dalam seminggu atau setiap memiliki waktu luang. Hal ini penting untuk menjaga keharmonisan hubungan pernikahan. Seringkali karena kesibukan suami dan istri hanya berbicara singkat ketika akan tidur.

2. Komunikatif

Cobalah untuk setiap saat menjadi pribadi yang saling komunikatif bersama pasangan. Cara ini akan membuat Anda dan pasangan selalu terhubung. Biasakan untuk berdiskusi sehat, di mana kalian bisa bicara tentang apapun. Jadilah pribadi uanh terbuka dan jujur satu sama lain.

Baca juga: Berapa Usia Ideal Menikah?

3. Mencoba aktivitas baru

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X