Kompas.com - 18/08/2020, 16:30 WIB
Ilustrasi timbangan ShutterstockIlustrasi timbangan

KOMPAS.com - Manajemen sebuah restoran di China meminta maaf atas kegaduhan yang mereka timbulkan.

Pasalnya, kebijakan baru yang menempatkan timbangan badan di muka restoran ternyata menuai kecaman dari banyak pihak.

Padahal, restoran tersebut bermaksud membuka mata pelanggan untuk mengetahui berapa bobot mereka, sebelum memesan makanan yang cocok.

Baca juga: Cara Mudah dan Menarik Ukur Berat Badan Tanpa Timbangan

Restoran The Chuiyan Fried Beef tersebut berlokasi di Changsha, Provinsi Hunan.

Pengelolanya menyatakan, timbangan dan saran menu diberlakukan di tempat itu sebagai tanggapan atas seruan Presiden Xi Jinping agar China mulai mengurangi limbah makanan.

Kedua timbangan tersebut ditempatkan di pintu masuk restoran, dan pelanggan disarankan untuk untuk menimbang diri.

Lalu, panduan yang ditempatkan bersama dengan timbangan itu memberikan saran terkait pilihan makanan dan ukuran porsi untuk pria dan wanita, tergantung kisaran berat badannya.

Baca juga: Alasan Lain Mengapa Jarum Timbangan Terus Bergerak ke Kanan

Langkah itulah yang lalu memicu kritik di media sosial. Para pelanggan yang merasa inisiatif berbasis berat badan menimbulkan rasa malu yang berlebihan.

Terkait kegaduhan itu, pihak restoran melalui sebuah unggahan di situs microblogging Weibo  mengaku "sangat menyesal" atas kebijakan dalam program tersebut. 

"Tujuan kami adalah untuk menganjurkan agar tidak membuang-buang makanan, dan agar orang-orang memesan dengan cara yang sehat," demikian bunyi pesan dalam unggahan itu.

Baca juga: Cara Menghitung Berat Badan Ideal, Bukan Cuma Dari Timbangan

Halaman:


Sumber UPI
Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X