Kompas.com - 19/08/2020, 11:13 WIB
Ilustrasi ShutterstockIlustrasi

KOMPAS.com - Para penggemar sepeda gunung (mountain bike) tentu ingat pertama kalinya bersepeda di gunung, melintasi jalan berbatu-baru, sungai, dan jenis medan berbeda dari jalan raya.

Setiap medan terjal yang dilalui terasa tidak masuk akal dan menegangkan, namun hal itu juga menyenangkan jika kita telah mencobanya.

Buat kamu yang baru ingin mencoba bersepeda di gunung, kira-kira apa saja sih persiapannya? Simak ulasan berikut.

1. Gerakkan bagian tubuh saat melewati rintangan

Sepeda gunung diciptakan untuk melewati medan terjal, dan tugas kita adalah membiarkan sepeda menjalankan tugasnya dengan baik.

Caranya, buat tubuh kita rileks. Angkat bagian bokong dari sadel sepeda saat melintasi rintangan seperti akar dan bebatuan.

Semakin teknis medannya, semakin banyak ruang yang dibutuhkan sepeda untuk bergerak. Ketika melalui turunan curam, luruskan siku dan lutut sehingga tubuh kita menyesuaikan pergerakan sepeda, bukan melawannya.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Baca juga: Ini Wakil Indonesia di Kejuaraan Dunia Sepeda Gunung

2. Pertahankan momentum

Menjaga kecepatan atau bahkan meningkatkan kecepatan saat menemui medan yang menantang memudahkan kita bersepeda, karena ada satu hal yang paling dibutuhkan sepeda kita untuk terus melaju, yaitu momentum.

3. Pusatkan berat badan di titik tertentu

Halaman:
Baca tentang


Sumber Bicyling
Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.