Kompas.com - 19/08/2020, 13:10 WIB
Ilustrasi memelihara ikan shutterstockIlustrasi memelihara ikan
Editor Wisnubrata

KOMPAS.com - Memiliki hewan peliharaan sudah lama diketahui bermanfaat untuk kesehatan. Hal ini karena bagi sebagian orang merawat hewan peliharaan merupakan sesuatu yang menyenangkan sehingga memberi dampak positif bagi fisik maupun mental pemiliknya.

Namun tidak semua orang memiliki waktu dan tempat yang layak untuk memelihara hewan seperti kucing, anjing, atau lainnya. Nah, hewan yang relatih mudah untuk dipelihara dan tidak memerlukan tempat yang besar adalah ikan.

Ikan merupakan salah satu jenis hewan peliharaan populer karena wujudnya yang indah dan menarik. Tidak hanya itu, ternyata memelihara ikan juga memberi banyak manfaat untuk kesehatan.

Berikut adalah beberapa manfaat yang bisa kita dapatkan ketika memilih ikan sebagai hewan peliharaan:

Membantu mengurangi stres

Urusan rumah, sekolah, kantor maupun keluarga terkadang bisa membuat kita tertekan dan merasa stres. Memelihara ikan bisa menjadi solusi itu masalah tersebut karena perilaku ini memberikan efek menenangkan.

Efek menenangkan ini diduga berasal dari suara aliran air dan warna ikan yang berada di akuarium atau kolam. Suara aliran air, seperti debur ombak, tetesan air hujan, maupun arus sungai dapat membuat seseorang menjadi lebih rileks.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Seseorang juga akan semakin rileks ketika melihat ikan warna-warni bergerak dengan pemandangan yang indah, seperti batu-batu atau pepopohan yang kerap menghiasi area kolam atau akuarium.

Berkat kedua alasan ini maka disimpulkan bahwa memelihara ikan bisa memberikan ketenangan serta membantu mengurangi rasa gelisah dan stres.

Alasan ini pun juga diduga menjadi dasar mengapa banyak akuarium di pajang di restoran, kantor, klinik, ataupun rumah sakit.

Halaman:


Sumber
Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.