Kompas.com - 19/08/2020, 16:41 WIB
Ilustrasi minyak bunga kenanga shutterstockIlustrasi minyak bunga kenanga
Editor Wisnubrata

KOMPAS.com - Bunga kenanga atau ylang ylang bukanlah bunga yang asing bagi masyarakat Indonesia. Bunga yang wangi ini sering dipakai untuk berbagai keperluan.

Warnanya kuning, bentuknya seperti bintang, dan wanginya sangat khas. Aroma bunga kenanga bahkan telah digunakan oleh sederet merek parfum terkenal di dunia.

Namun mungkin belum banyak yang tahu bahwa bunga ini bermanfaat untuk kesehatan. Bahkan, manfaatnya sudah dibuktikan lewat beberapa penelitian.

Bunga yang dipetik dari pohon kenanga (Cananga odorata) ini tumbuh di berbagai negara Asia, seperti Malaysia, Filipina, dan Indonesia tentu saja.

Bahkan, bunga kenanga dapat dibeli secara online, baik dalam bentuk kering maupun yang telah diolah menjadi minyak atsiri.

Lalu apa saja manfaat bunga kenanga untuk kesehatan, baik yang terbukti lewat penelitian ataupun yang dipercaya masyarakat?

1. Mengatasi gangguan kecemasan

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Penelitian membuktikan bahwa bunga kenanga atau ylang ylang dapat mengatasi gangguan cemas dan meningkatkan rasa percaya diri.

Manfaat ini dapat dirasakan saat kita mengoleskan minyak atsiri bunga kenanga ke kulit atau menghirup aromanya.

Tidak hanya itu, sebuah riset juga membuktikan bahwa bunga kenanga bisa meningkatkan suasana hati karena aromanya yang menenangkan.

Halaman Selanjutnya
Halaman:


Sumber
Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.