Kompas.com - 19/08/2020, 19:08 WIB
Dita Soedarjo. Dok. BenihBaik.comDita Soedarjo.

KOMPAS.com - Pengusaha muda Dita Soedarjo melelang kebaya dan kain batik yang dikenakannya Agustus 2018 lalu di momen pertunangan dengan mantan kekasihnya, pebasket dan aktor Denny Soemargo.

Setelan kebaya dan kain tersebut disertakannya dalam Lelang Kebaikan bersama BenihBaik.com.

"Pada awalnya saya mau lelang buku, tetapi dari tim BenihBaik.com menyarankan saya untuk melelang suatu barang yang memiliki cerita dan kenangan," ungkapnya melalui keterangan tertulis yang diterima Kompas.com.

Baca juga: Setelah Jomblo, Dita Soedarjo Temukan Cara Baru Melepas Stres

CEO Haagen Dazs yang juga penulis buku Dignity itu menambahkan, dari semua barang yang menyimpan cerita dan kenangan, hanya kebaya dan kain batik tersebut yang siap untuk dilepaskannya.

Melepaskan pakaian tersebut menurutnya seperti sebuah simbol untuk melepaskan sebuah proses di masa lalu yang sudah dilalui.

"Ini mengajarkan kita soal hidup itu harus let go. Tapi semua proses yang sudah dilalui itu baik buat kita dan semua ada hikmahnya," ungkapnya.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Hasil lelang kebaya dan kain batik ini akan didonasikan untuk konseling one on one intensive dengan psikolog bagi para remaja perempuan yang membutuhkan, terutama bagi para remaja perempuan yang memiliki masalah patah hati serius.

Kebaya dan bawahan kain batik yang digunakan Dita Soedarjo saat pertunangan dilelang.Dok. BenihBaik.com Kebaya dan bawahan kain batik yang digunakan Dita Soedarjo saat pertunangan dilelang.

"Mungkin sebagian dari kita, patah hati bukan hal yang serius. Tapi banyak di luar sana orang yang memerlukan dukungan profesional untuk menyembuhkan lukanya. Termasuk remaja putri yang baru merasakannya," kata lulusan Fashion Institute of Design & Merchandising (FIDM), Los Angeles itu.

Menurut Founder BenihBaik.com, Andy Flores Noya, mendonasikan barang yang memiliki kenangan khusus seperti yang dilakukan Dita, bisa memberi pesan positif bagi banyak orang untuk meninggalkan kesedihan di masa lalu sekaligus membantu sesama.

Dita sendiri dianggap sebagai sosok anak muda yang inspiratif.

"Selain sebagai pebisnis, Dita juga mampu mengubah kesedihannya menjadi sesuatu hal yang positif. Dia cepat bangkit dari kesedihannya dan menjadikan ini sebagi titik tolak dukungan bagi sesamanya yang kurang lebih mengalami hal yang sama," kata Andy.

Baca juga: Bella Hadid Akan Lelang Item Fesyen untuk Amal

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.