Jangan Mengganti Kacamata Selama Kehamilan, Kenapa?

Kompas.com - 19/08/2020, 22:07 WIB
penglihatan selama kehamilan SHUTTERSTOCKpenglihatan selama kehamilan

KOMPAS.com - Salah satu efek kehamilan adalah memengaruhi penglihatan. Jadi, jika rabun dekat Anda memburuk saat hamil, tak perlu terburu-buru ke dokter mata untuk mengganti resep ukuran lensa kacamata atau lensa kontak.

Dokter mata Anda kemungkinan juga akan menyarankan untuk tidak melakukannya.

Dr Chee Jing Jye, ginekolog yang menjalankan Dr JJ Chee Obstetrics & Female Gynecology, Singapura, menjelaskan lebih lanjut tentang bagaimana kehamilan dapat memengaruhi penglihatan.

“Ya, kehamilan bisa memengaruhi penglihatan. Ini mungkin menjadi kabur, terutama pada trimester terakhir, karena perubahan kelengkungan dan ketebalan kornea,” kata Jing Jye.

Baca juga: Normalnya Berapa Banyak Kenaikan Berat Badan Selama Kehamilan?

"Ini akan kembali normal setelah melahirkan - jadi rekomendasi dokter mata Anda untuk tidak mengganti ukuran lensa adalah benar.”

Jing Jye menambahkan, untuk alasan yang sama, ibu hamil tidak disarankan menjalani operasi refraksi seperti lasik.

“Banyak ibu hamil juga merasa mata mereka lebih kering dari sebelumnya. Ini karena menurunnya sekresi air mata dari kelenjar. Pertimbangkan kacamata sebagai pengganti lensa kontak, dan gunakan obat tetes mata gar mata tidak terlalu kering,” ujarnya.

Selain itu, Jing Jye mengingatkan, gejala mata selama kehamilan kemungkinan merupakan tanda pre-eklamsia, kondisi yang mengancam jiwa terkait tekanan darah tinggi.

“Wanita yang mengalami pre-eklamsia mungkin juga mengalami retensi air yang parah, sakit kepala, dan tekanan darah tinggi.”

“Karena kondisi ini dapat memburuk dengan cepat dan berpotensi fatal, jika ibu hamil mengalaminya, segera bicarakan dengan dokter Anda, terutama jika Anda mengalami kilatan cahaya, aura, penglihatan kabur, atau kehilangan penglihatan sementara,” pungkasnya.

Baca juga: 6 Cara Mengatasi Sakit Kepala Selama Kehamilan



Sumber asiaone
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X