Kompas.com - 20/08/2020, 11:25 WIB
Ilustrasi menimbang berat badan shutterstockIlustrasi menimbang berat badan

KOMPAS.com - Jika Anda ingin menurunkan berat badan, mungkin sulit untuk menahan keinginan menimbang berat badan beberapa kali dalam sehari. Padahal, hal itu sebetulnya tidak perlu.

Anda hanya perlu mengetahui kapan waktu terbaik untuk menimbang berat badan.

Waktu terbaik untuk menimbang berat badan adalah di pagi hari, ketika perut kita masih dalam keadaan kosong.

Baca juga: Ingin Menurunkan Berat Badan? Jangan Makan Ini Saat Sarapan

Untuk pembacaan angka yang lebih akurat, timbang lah berat badan sebelum makan atau minum apapun dan setelah buang air besar.

Tapi, mengapa berat badan kita bisa berubah-ubah sepanjang hari?

Fluktuasi berat badan adalah normal dan tidak perlu dikhawatirkan. Biasanya, berat badan kita berfluktuasi sepanjang hari antara 500 gram hingga 1 kg, bergantung pada faktor apakah kita makan atau berolahraga intensif sebelumnya, atau sedang menstruasi.

Berat badan akan sedikit lebih rendah di pagi hari jika dibandingkan dengan sore dan malam hari. Ada beberapa faktor penyebabnya, antara lain:

1. Dehidrasi

Tubuh kita cenderung dehidrasi di pagi hari, sebab selama tujuh hingga delapan jam selama tidur kita tidak makan atau minum apapun.

Selain itu, semua air yang disimpan di dalam tubuh juga hilang selama kita tidur. Bahkan dehidrasi ringan sekalipun bisa menyebabkan penurunan berat badan meskipun sedikit.

Minum dua hingga tiga gelas air sebelum tidur bisa mencegah dehidrasi, sekaligus menyebabkan angka timbangan sedikit lebih berat.

Baca juga: 8 Makanan Tinggi Lemak yang Bisa Membantu Menurunkan Berat Badan

Halaman Selanjutnya
Halaman:


Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X