Kompas.com - 20/08/2020, 16:29 WIB
Ilustrasi minum kopi shutterstockIlustrasi minum kopi
|
Editor Wisnubrata

KOMPAS.com - Banyak penelitian telah mengungkap manfaat kopi bagi kesehatan.

Dan menurut studi terbaru yang diterbitkan dalam Alimentary Pharmacology and Therapeutics, minum kopi bisa melindungi hati kita dan membantu mencegah kematian akibat penyakit hati.

Sekelompok peneliti di Australia meninjau data dari penelitian sebelumnya yang mencari hubungan antara kopi dan penyakit hati.

Mereka menemukan, minum lebih dari dua cangkir kopi sehari dapat membantu melindungi seseorang dari kematian yang terkait penyakit hati.

"Meningkatkan konsumsi kopi per kapita hingga lebih dari dua cangkir per hari berpotensi mencegah ratusan ribu kematian terkait hati setiap tahun jika efek kopi pada kematian terkait hati dikonfirmasi dalam uji klinis."

Demikian tulis Sarah Gardner dari unit transplantasi hati di The Austin Hospital di Australia.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Gardner dan rekannya merujuk pada temuan penelitian sebelumnya yang menyebut, "mereka yang minum 2-3 cangkir setiap hari memiliki penurunan risiko 38 persen karsinoma hepatoseluler (kanker hati primer) dan penurunan risiko kematian 46 persen akibat penyakit hati kronis."

"Jika seseorang minum empat cangkir kopi atau lebih setiap hari, pengurangan risiko kanker hati menjadi 41 persen dan kematian akibat penyakit hati kronis adalah 71 persen. Studi lain melaporkan pengurangan risiko dengan besaran serupa."

Baca juga: Manfaat Minum Kopi, Tidak Hanya Penahan Kantuk

Tim peneliti dari Australia memperkirakan dampak potensial peningkatan konsumsi kopi terhadap kematian terkait hati.

Mereka mengamati efek mengonsumsi lebih dari dua cangkir kopi dan lebih dari empat cangkir kopi setiap hari per kapita terhadap kematian terkait hati.

Halaman:


Sumber Fox News
Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.